Sukses

Cara Ketahui Knalpot Akrapovic Asli atau Palsu

Akrapovic diakui sebagai salah satu produsen knalpot terbaik di dunia.

Liputan6.com, Tangerang - Akrapovic diakui sebagai salah satu produsen knalpot terbaik di dunia. Buktinya saja, perusahaan asal Slovenia ini menjadi pemasok knalpot terbesar pada balap motor kelas atas seperti superbike, supersport, supermoto, bahkan MotoGP.

Dengan reputasi itu tak heran jika banyak okmun yang berusaha untuk meniru knalpotnya dan menjualnya dengan klaim sebagai knalpot asli. Tentu ini sangat merugikan konsumen, apalagi harga knalpot itu cukup mahal, bahkan bisa mencapai puluhan juta rupiah.

Lantas, bagaimana caranya membedakan antara knalpot Akrapovic asli dan palsu? Afendi, karyawan senior Sphinx Motorsport, distributor resmi knalpot Akrapovic di Indonesia, mengatakan salah satu caranya adalah dengan melihat detail knalpot secara teliti.

"Cara mengetahuinya (asli atau palsu) adalah dengan lihat bentuk fisiknya. Akrapovic yang asli pasti las-nya lebih rapi, lebih halus, lebih bagus. Harus teliti memang," ujar Afendi kepada Liputan6.com di Hall 1 ICE, BSD City, Tangerang Selatan saat pameran GIIAS, Selasa (16/8/2016).

Selain itu, dari sisi performa Akrapovic asli jelas berbeda. Pasalnya, knalpot ini dibuat dengan teknologi tinggi yang tak mudah ditiru. Sebagai gambaran, saat memasang knalpot Akrapovic asli, maka tenaga motor bisa naik hingga 7-8 Tk.

Agar tak terjebak dengan membeli Akrapovic palsu, Afendi menyarankan konsumen langsung mendatangi distributor resmi. Dengan begitu, sebetulnya tidak disarankan untuk membeli knalpot ini di toko jual beli online karena kita tidak melihat barangnya secara langsung.

"Selain itu, kalau beli knalpot Akrapovic asli di kardusnya pasti dilengkapi dengan lisensi (lembaran kertas yang halaman pertamanya tertera barcode). Kalau palsu tidak akan ada lisensinya," tutup Afendi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.