Sukses

Ganti Bohlam Jadi LED, Nih Harganya buat Honda BeAt

Sampai dengan BeAt generasi ketiga yang baru meluncur beberapa hari lalu, motor sejuta umat itu masih menggunakan lampu jadul, alias bohlam.

Liputan6.com, Tangerang Selatan Penggemar skutik Honda BeAt harus gigit jari. Pasalnya, sampai dengan BeAt generasi ketiga yang baru meluncur beberapa hari lalu, motor sejuta umat itu masih menggunakan lampu jadul, alias bohlam. Padahal skutik terbaru Honda lainnya telah mengaplikasikan lampu LED.

Untungnya ada produk-produk aftermarket yang siap mengisi kelemahan tersebut. Di GIIAS 2016, ada banyak produsen lampu LED yang siap mengganti lampu bohlam Honda Beat di hall 1 ICE, BSD City. Salah satunya adalah Autovision.

Hanif, Sales Jakarta Autovision, mengatakan bahwa untuk mengganti lampu Honda BeAt dengan LED cukup merogoh kocek Rp 285 ribu. "Harga tersebut khusus di pameran GIIAS. Sementara kalau di workshop Rp 300 ribu," ujar Hanif kepada Liputan6.com, Selasa (16/8/2016).

Harga tersebut belum termasuk biaya pemasangan. Pemasangan dapat dilakukan di pameran, atau di workshop Autovision di MGK Otozone Kemayoran, Jakarta Pusat. Sayang Hanif tak tahu berapa harga instalasi teknologi ini.

Ia hanya menjelaskan bahwa pemasangan lampu LED cukup mudah. "Prinsipnya plug n play. Tinggal copot bohlam dan soket, lalu ganti dengan LED dan soket baru," terangnya.

LED ini tersedia untuk Honda BeAt generasi awal (dengan sistem kelistrikan AC), dan generasi kedua dan ketiga yang punya sistem kelistrikan DC. Perbedaan lampu LED keduanya hanya pada daya. Sementara yang AC butuh tenaga 20 W, maka DC butuh listrik 32 W. Keduanya sama-sama bisa bertahan hingga 30 ribu jam.

Adapun alasan Honda belum menyematkan teknologi LED adalah karena jangkauan BeAt yang sangat luas, hingga ke pelosok yang jauh dari jangkauan bengkel resmi. Untuk memudahkan perawatan maka Honda sengaja menunda pemakaian LED sebagai sistem pencahayaan BeAt.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.