Sukses

Ninja 900R Simbol Sukses Kawasaki di Negeri Paman Sam

Ninja 900R menjadi motor produksi tercepat Kawasaki hingga saat ini.

Liputan6.com, California - Tahun ini Kawasaki genap merayakan 50 tahun masuk ke pasar Amerika Serikat. Menyambut keberhasilan ini pabrikan yang terkenal dengan kelir hijau mengungkapkan kisah sukses superbike ikoniknya, Ninja.

Dikutip Rideapart, Kawasaki terjun ke kera superbike bermesin 4-tak pada 1973 dengan memperkenalkan Z1. Pada perkembangannya, merek otomotif asal Jepang ini kemudian memperkenalkan Ninja 900R pada 1983.

Nama Ninja sendiri langsung diberikan oleh Direktur Pemasaran Kawasaki AS, Mike Vaughan. Ia pernah tinggal di Asia dan akrab dengan mitologi Ninja sebagai prajurit legendaris yang kuat dan memiliki kemampuan siluman. Vaughan satu dekade sebelumnya telah mengganti nama kapal layarnya dari Columbia 22 menjadi Ninja karena tampaknya mengandung sisi keberuntungan.

Perkenalan Ninja 900R ini dilakukan di Monterey, California dimana motor langsung di uji pada kompetisi drag di Monterey Jet Center. Beberapa waktu setelah peluncuran, Kawasaki kemudian menguji kemampuan Ninja 900R di sirkuit Laguna Seca.

Ninja 900R berhasil mencatatkan waktu 11,18 detik dengan kecepatan 196 km/jam di trek sepanjang 400 meter. Adapun kecepatan maksimum motor sport ini mencapai 243 km/jam, dan menjadi motor produksi tercepat Kawasaki hingga saat ini.

Model terakhir ini hasil perpaduan desain aerodinamis, sasis balap, serta mesin DOHC empat silinder berpendingin cairan. Ninja sendiri mengubah nasib Kawasaki di pasar sepeda motor AS.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini