Sukses

Nih, Daftar Moge di Bawah Rp 150 Juta

Liputan6.com, Tangerang Selatan - Di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016, terdapat banyak produk yang menarik mata, termasuk motor gede (moge) yang berasal dari pabrikan-pabrikan nomor satu dunia.

Tercatat, beberapa pabrikan yang memboyong moge adalah Honda, Kawasaki, Ducati, dan Suzuki. Satu merek terkenal yang absen di ajang otomotif tahunan ini adalah Yamaha. Pabrikan berlogo garpu tala itu memilih fokus untuk berpartisipasi di ajang dua tahunan Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2016.

Harga moge berkapasitas 250 cc dan di atasnya ini beragam, tapi umumnya di atas Rp 200 juta. Bahkan ada yang harganya mencapai Rp 1 miliar lebih, semisal Ducati Panigale R (Rp 1,9 miliar) dan BMW K 1600 GTL Exclusive (Rp 1,08 miliar).

Umumnya harga moge yang `melangit` ini adalah produk impor, dalam arti tidak diproduksi di dalam negeri. Ini membuat produk tersebut dibebankan beragam pajak yang tak jarang membuat harganya naik dua kali lipat.

Meski begitu, ada pula moge yang harganya relatif terjangkau, yang harganya di bawah Rp 150 juta. Dalam hal ini, ada produk dari Suzuki, Kawasaki, dan Honda.

Di GIIAS 2016, pabrikan tersebut umumnya memberikan harga khusus atau promo tertentu. Honda misalnya, memberikan promo berupa nol persen interest dan special rate. Sementara Suzuki memberikan potongan harga.

Apa saja motor gede yang dimaksud? Berikut daftarnya:

1 dari 4 halaman

Next

Suzuki

Moge murah yang diboyong Suzuki adalah Inazuma R 250. Motor laki ini dibanderol Rp 49,5 juta on the road Jakarta. Dari semua moge yang ada di GIIAS, Inazuma R 250 lah yang termurah.

Suzuki Inazuma diproduksi di pabrik Suzuki yang ada di Tiongkok. Produksinya ditangani oleh Changzhou Haojue Suzuki Motorcycle Co., LTD, perusahaan patungan antara Suzuki dan perusahaan Tiongkok bernama Dachangjiang.

Sejak beberapa tahun lalu, wacana perakitan Inazuma di Indonesia cukup ramai. Tapi sampai saat ini tak terealisasikan. Salah satu sebabnya adalah rata-rata penjualannya yang tak tembus batas minimal, yaitu 2.000 unit per bulan.

Karena itu pula pemesanannya tak bisa dilakukan di sembarang dealer. Jika ingin memesan Inazuma di luar pameran, maka dealer tersebut harus sudah memiliki set up bengkel injeksi. Itupun umumnya masih harus inden.

Suzuki Inazuma R menggendong mesin SOHC 248 cc, 4 langkah, berpendingin cairan. Mesin ini telah berteknologi fuel injection dengan konfigurasi transmisi enam percepatan. Kapasitas tangkinya mencapai 13,3 liter.

2 dari 4 halaman

Next

Kawasaki

Tidak seperti Suzuki, moge Kawasaki yang harganya ada di bawah Rp 150 juta tak hanya satu model. Ada dua moge murah yang diboyong Kawasaki ke GIIAS 2016. Keduanya adalah Ninja 250 dan Ninja ER-6n.

Ninja 250 versi standar dibanderol dengan harga termurah Rp 58,4 juta. Sementara Ninja 250 Special Edition LTD dibanderol Rp 62,2 juta, Ninja 250 LTD BEET Performance Rp 67,1 juta, dan Ninja 250 ABS-LTD Rp 68,9 juta.

Sementara itu, Ninja ER-6n dibanderol dengan harga Rp 150 juta. Harganya lebih murah Rp 5 juta dibanding Ninja 650 ABS. Khusus di GIIAS, pembeli Ninja ER-6n mendapat promo khusus berupa bunga 0 persen.

Ninja 250 sendiri adalah moge andalan Kawasaki. Motor ini bisa dibilang pelopor di kelas 250 cc, meski saat ini kehadirannya mulai terancam oleh keberadaan Honda CBR250RR, serta Yamaha R25 beberapa tahun sebelumnya.

Sementara di Indonesia, ER-6n punya tiga varian warna, hijau, merah, dan hitam. Tapi di Jepang, sejak Agustus lalu ER-6n punya tiga tambahan warna, Candy Lime Green dan Metallic Spark Black, Metallic Carbon Gray dan Metallic Spark Black, serta Urban City White dan Metallic Spark Black.

3 dari 4 halaman

Next

Honda

Dibanding dua merek sebelumnya, Honda memboyong moge di bawah Rp 150 juta paling banyak. Di segmen harga ini, ada model CB500F, CBR500R, dan CB500X.

Honda CB500F dibanderol Rp 133 juta, CBR500R Rp 144 juta, dan CB500X Rp 147 juta. Semuanya harga on the road Jakarta.

Ketiga moge ini tak bisa didapat di sembarang dealer Honda, melainkan hanya di Dealer Big Wing yang tersebar di beberapa kota besar seperti Jakarta, Yogyakarta, Bali, dan Surabaya. Di GIIAS, yang menjajakan moge Honda adalah adalah BigWing Jakarta, yang terletak di bilangan Jakarta Timur.

Sebagai catatan, daftar moge Honda ini belum memasukkan Honda CBR250RR, yang baru beberapa waktu yang lalu diluncurkan. Meski demikian, harga motor ini pun akan ada di angka di bawah Rp 150 juta. Kisaran harganya antara Rp 69-74 juta (versi ABS).

Harga CBR250RR ini jauh di atas kompetitornya, Yamaha YZF-R25 dan Kawasaki Ninja 250. Harga YZF-R25 berkisar antara Rp 53 juta hingga 59 jutaan, sementara Ninja Rp 58,4 juta hingga Rp 62,2 juta. Meski begitu, CBR250RR diprediksi tetap laris. Terbukti, lima hari `mejeng` di GIIAS, motor ini sudah dipesan 20 orang.

Artikel Selanjutnya
Kembaran Honda CBR150R, Hanya Rp 19 Juta
Artikel Selanjutnya
Rekomendasi Motor Murah Rp 20 Jutaan