Sukses

Mahasiswa Belanda Uji Motor Listrik Keliling Dunia

Perjalanan mengelilingi dunia sempat mengalami kendala ketika inverter pada Wave bermasalah.

Liputan6.com, Eindhoven - Kelompok mahasiswa dari Eindhoven University of Technology berniat melakoni tantangan, yakni mengelilingi dunia menggunakan sepeda motor listrik rancangannya sendiri. Mereka menargetkan bisa melaksanakan perjalanan hanya dalam 80 hari.

Dikutip Motor1, perjalanan ini dimulai sejak 14 Agustus lalu, mereka berkelana menggunakan kendaraan bernama Wave. Rombongan memulai perjalanan dari Eindhoven ke Munich, Jerman diiringi oleh para pemotor dan sorak sorai penggemar di sepanjang rute.

Mereka tidak perlu khawatir soal sumber energi listrik, sebab pengisian dapat memanfaatkan jaringan listrik lokal untuk membuktikan keunggulan dari kendaraan listrik. Perjalanan ini sekaligus ingin membuktikan ketangguhan dari sepeda motor elektrik.

Namun demikian, kendala muncul pada Wave ketika di jalan bebas hambatan. Motor listrik ini mengalami masalah pada inverter sehingga butuh waktu untuk diagnosa dan perbaikan.

Kerusakan ini membuat Wave terlambat dari jadwal yang telah diperkirakan saat tiba di Munich. Namun demikian, kendala ini tidak membuat anggota tim patah semangat dalam perjalanan panjang mengelilingi dunia.

"Saya masih tidak percaya bahwa kami benar-benar mulai dan menjalani saat ini. Saya jadi penasaran, bersemangat, dan gugup untuk melihat apa yang terjadi besok, petualangan baru saja dimulai," kata salah seorang anggota tim, Yuri Steinbuch.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini