Sukses

Kilau Mobil Murah di GIIAS 2016, Siapa Paling Berbinar?

Liputan6.com, Tangerang Selatan - Ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016 resmi dibuka pada 11 Agustus lalu, langsung oleh Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla. Pameran otomotif tahunan ini akan ditutup pada hari Minggu nanti.

GIIAS 2016 diikuti oleh total 361 peserta, yang terdiri dari merek mobil, motor, hingga produsen atau distributor aftermarket. Semuanya berusaha untuk memperkenalkan dan menjual sebanyak mungkin produk andalan mereka.

Bagi Agen Pemegang Merek (APM) kendaraan roda empat, salah satu andalan mereka untuk menarik minat pengunjung tentu saja model-model dengan harga murah. Mobil-mobil ini disediakan oleh pabrikan Asia seperti Jepang dan Korea. Sementara pabrikan Eropa semacam BMW, MINI, dan Mercedes-Benz umumnya memamerkan mobil mahal.

Di GIIAS 2016, terdapat mobil-mobil yang harga on the road-nya di antara Rp 100 jutaan. Di antaranya terdapat model yang masuk dalam segmen mobil murah ramah lingkungan (LCGC). Daihatsu Ayla misalnya, paling murah dibanderol mulai dari Rp 88,75 juta.

Sementara Astra Daihatsu Sigra, yang resmi diperlihatkan kepada publik pada awal Agustus lalu, harganya dimulai dari Rp 106 juta. Peminat mobil baru ini tergolong besar. MPV dalam kelas LCGC terbaru buatan PT Astra Daihatsu Motor (ADM) langsung tancap gas. Antrean mini MPV tujuh penumpang ini langsung panjang dalam waktu singkat.

"Sampai dua hari lalu SPK (surat pemesanan kendaraan) Sigra sudah mencapai 3.000 unit lebih. Kami bersyukur Sigra diterima dalam waktu kurang dari sebulan," ujar Direktur Marketing ADM Amelia Tjandra di sela acara media test drive Astra Daihatsu Sigra di Sentul, Bogor, Jawa Barat, Selasa (16/8).

Merek lainnya, Suzuki, memboyong mobil murah seperti Karimun Wagon R GA (Rp 103 juta). Lalu Toyota memboyong Agya (mulai dari Rp 114 juta), dan saudara Sigra, Calya (mulai dari Rp 138 juta/transmisi manual). Sementara Datsun membawa Go Panca yang dibanderol mulai dari Rp 105 juta dan Go+ Panca Rp 94,6 juta.

Bukan hanya LCGC, ada pula mobil non LCGC yang harganya berkisar di bawah Rp 150 juta. Di segmen city car misalnya, ada Suzuki Celerio MT yang harganya dibanderol mulai dari Rp 154 juta dan Toyota Etios Rp 149 juta.

Artikel Selanjutnya
Prediksi Sulit Mitsubishi Xpander Rusak Pasar Mobkas, Kenapa?
Artikel Selanjutnya
Tiga Faktor Perusak Pasar Mobil Bekas, Apa Saja?