Sukses

Perang Diskon Mobil Keluarga, Siapa Kasih Potongan Paling Besar?

Liputan6.com, Tangerang Selatan - Cara yang lazim dilakukan jaringan dealer suatu merek untuk memikat pembeli di suatu pameran adalah dengan memberi diskon. Bahkan, tiap merek saling bersaing menawarkan beragam promo menarik.

Untuk mobil berjenis Low Multi Purpose Vehicle (LMPV) seperti Toyota Avanza dan Honda Honda Mobilio paling banyak diburu oleh calon pembeli. Tiap merek menawarkan promo yang berbeda antara satu dengan yang lainnya sehingga terjadi perang diskon.

Seperti apa promo yang ditawarkan masing-masing merek, berikut ini uraian singkatnya:

Honda

Selama pameran berlangsung, Honda hanya memberi promo gratis paket Cermat tiap pembelian Mobilio dan BR-V. Paket ini sendiri mencakup perawatan berkala kendaraan selama tiga tahun.

"Gratis paket Cermat untuk Mobilio dan BR-V. Untuk model yang lain nambah biaya lagi," kata David, tenaga penjual dari Honda.

Selain itu, David menjelaskan promo lainnya berupa total down payment sebesar Rp 8 juta untuk Brio, Mobilio, dan BR-V. Promo lainnya, pembeli juga mendapat keringanan membayar angsuran sebesar Rp 800 ribu untuk Brio, Mobilio, dan BR-V apabila membayar uang muka sebesar Rp 100 juta.

Suzuki

Suzuki menawarkan promo yang hampir seragam di seluruh modelnya termasuk Ertiga. Yanto selaku tenaga penjual Suzuki menjelaskan pembeli akan mendapat potongan harga sebesar Rp 17 juta serta bonus kaca film dan karpet.

"Potongannya standar, semua sama. Untuk cicilan, diskon dipotong di down payment (DP) berapapun DP-nya," kata Yanto.

Toyota

MPV sejuta umat Indonesia, Avanza, tak luput dari diskon. Toyota memberi potongan maksimal sebesar Rp 18 juta untuk pembelian secara cash maupun kredit.

"Nggak ada bonus-bonus (dari dealer). Kalau kredit ada dari leasing, bentuknya macam-macam. Itu ada pajak potongan sebesar 10 persen, jadi kalau diskon Rp 18 juta dapatnya cuma Rp 17,2 juta," kata Tona, tenaga penjual Toyota.

Daihatsu

Merek terakhir ini menawarkan potongan paling besar di antara yang lainnya. Daihatsu memberikan potongan harga untuk Xenia sebesar Rp 17 juta baik cash atau kredit.

Fidlin, tenaga penjual Daihatsu menuturkan untuk kredit pembeli akan mendapat subsidi tambahan selain diskon tadi.

"Kami ada subsidi, tergantung tenor. Ada tambahan (potongan) untuk 36 bulan sebesar 2 juta, 48 bulan Rp 3,5 juta, lalu 60 bulan senilai Rp 5 juta," kata Fidlin.

Artikel Selanjutnya
Tragis, Kado Uang Tunai dari Kekasih Hancur Tak Berbentuk
Artikel Selanjutnya
Biar Enggak Kecele, Begini Cara Mudah Menghitung Diskon dan Promo