Sukses

GIIAS 2016 Jadi Momentum Pertumbuhan Industri Nasional

Liputan6.com, Jakarta - Pesta penutupan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016 digelar pada Sabtu (20/8) malam. Hajatan tahunan tersebut diklaim sukses, meskipun ada banyak sektor yang perlu dibenahi.

Tak kurang dari 33 mobil baru jadi daya tariknya. Bahkan GIIAS jadi tempat debut global sejumlah mobil salah satunya XM Concept.

Ditegaskan Rizwan Alamsjah, Ketua Penyelenggara Pameran GIIAS 2016, pameran itu dibuat untuk wadah komunikasi antara Agen Pemegang Merek (APM) dan konsumen. "Di sini konsumen bisa mendapat penjelasan soal teknologi mobil," kata dia.

Meski bukan jadi ajang jualan, laporan 25 dari 31 brand yang turut serta mengungkap 15.911 ribu unit mobil dipesan. Tentu data ini belum final karena pameran masih akan berlangsung hingga Minggu (22/8/2016).

"Suatu negara bisa dikatakan sebagai negara industri apabila kontribusi industri terhadap PDB sudah di atas 30 persen," tutur I Gusti Putu Suryawirawan, Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika Kementerian Perindustrian.

Dari sisi pengunjung, tak kurang dari 400 ribu orang hadir di ICE BSD City. Bahkan rekor baru pengunjung harian pecah pada 17 Agustus lalu yang berhasil menarik 62.067 orang.

"Secara keseluruhan telah diselenggarakan lebih baik. Untuk seluruh pencatatan positif di GIIAS kami ucapkan terima kasih. GIIAS masih berbenah dan tahun ini masih ada kekurangan untuk lebih baik lagi di masa mendatang," imbuh dia.

Perbaikan

I Gusti Putu Suryawirawan, Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika Kementerian Perindustrian angkat topi.

"Saya menyampaikan apresiasi tinggi terhadap Gaikindo karena menyelenggarakan pameran otomotif bertaraf dunia dan masuk dalam agenda dunia," katanya.

Kendati demikian, Putu mengajak Gaikindo untuk mendorong pertumbuhan industri ke arah yang lebih baik. Sehingga kontribusi industri dalam produk domestik bruto (PDB) bisa di atas 30 persen. "Saat ini kontribusi PDB hampir 30 persen. Suatu negara bisa dikatakan sebagai negara industri apabila kontribusi sudah di atas 30 persen," tutur dia.

Data

Sementara itu, Ketua Umum GAIKINDO, Yohannes Nangoi dalam sambutannya di pembukaan GIIAS 2016 (11/8) lalu, mengamini bahwa pameran seperti ini punya fungsi penting untuk mendorong tumbuhnya pasar domestik serta upaya peningkatan ekspor industri otomotif Indonesia.

Berdasarkan data, penjualan roda empat naik 1,2 persen atau mencapai 531.929 unit selama semester satu 2016 dengan total produksi kendaraan mencapai 601.461 unit atau naik 3,8 persen dibanding periode yang sama tahun lalu.

Eskpor kendaraan CBU pada tahun lalu mencapai 207.691 unit. Sepanjang semester satu tahun ini, angkanya sudah mencapai 93.998 unit. Sedangkan untuk ekspor kendaraan terurai (CKD) pada semester satu tahun ini capai 91.194 set CKD.

Artikel Selanjutnya
Jangan Bandingkan Vespa Listrik dengan Gesits atau Viar Q1
Artikel Selanjutnya
Mobil Matik Banyak Diburu Jelang Lebaran, Kenapa?