Sukses

Mekanik MotoGP Wajib Pakai Helm Musim Depan

Seluruh mekanik MotoGP diharuskan memakai helm standar, khususnya saat momen flag-to-flag tahun depan

Liputan6.com, Santiago del Estero - Seluruh mekanik MotoGP diharuskan memakai helm standar tahun depan, khususnya saat momen flag-to-flag (pergantian motor jika kondisi trek berubah, misalnya dari kering ke basah karena hujan).

Melansir crash.net, Minggu (21/8/2016), aturan baru ini dipicu oleh insiden yang menimpa mekanik tim Alvaro Bautista di GP Argentina. Saat ingin mengganti motor, Bautista tak sengaja menyerempet mekanik hingga terjatuh.

Selain helm, penyelenggara ajang balap sepeda motor tertinggi ini juga akan memberlakukan aturan lain, demi keselamatan maksimal para mekanik.

Grand Prix Commission juga menegaskan bahwa mekanik diperbolehkan terus memegang tuas kopling dengan alasan tertentu. "Untuk menghindari kemungkinan kecelakaan yang berasal dari gigi selama perubahan mesin (motor balap)," ujar mereka.

"Namun pilihan gigi yang sebenarnya hanya dapat dilakukan oleh pengendara. Pelanggaran peraturan ini, yang dapat ditentukan dari data ECU, akan otomatis mengakibatkan diskualifikasi," tambahnya.

Sebelumnya, Race Director MotoGP, Mike Webb, mempertimbangkan untuk melarang mekanik memegang tuas kopling agar penyelenggara dapat dengan jelas melihat bahwa motor dalam kondisi netral sebelum ditunggangi pembalap.

@btsportmotogp
#MotoGP @MotoGPJules @KeithHuewen @NeilHodgson100 what do you make of this pit stop then ? pic.twitter.com/5QUxxtI0GQ

— Carl hough (@Carl_Hough) April 4, 2016

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.