Sukses

Truk Ini Siap Pecahkan Rekor Kecepatan Dunia

Liputan6.com, Stockholm - Volvo kembali membuktikan kemampuan truknya, kali ini dalam memecahkan rekor kecepatan. Pabrikan asal Swedia ini mempersiapkan Iron Knight, truk dengan output 2.400 Tk dari basis FH.

Adapun aksi memecahkan rekor kecepatan truk ala Volvo akan berlangsung pada 24 Agustus mendatang. Aksi memecahkan rekor bukan kali ini saja dilakukan, Volvo sebelumnya juga sempat memecahkan rekor tarik beban peti kemas seberat 750 ton.

Dikutip Leftlanenews, para insinyur Volvo menggarap mesin D13 turbodiesel milik FH dengan menambahkan empat turbocharger dan intercooler berpendingin air. Tenaga head tractor ini pun meroket jadi 2.400 Tk dengan torsi 5.999 Nm.

 

Volvo juga menggarap bagian transfer tenaga dengan memperkuat sistem kopling serta menggunakan transmisi dual clutch. Tidak cukup sampai disitu, bobot truk ini juga ikut berkurang secara signifikan.

"Tujuan kami untuk menghasilkan wawasan baru ke dalam solusi teknis dan desain. Fokus utama untuk mentransfer beberapa teknologi untuk truk versi produksi kami selanjutnya," kata President Volvo Truck, Claes Nilsson.

Kabin truk kali ini menggunakan bahan fiberglass, desainnya juga wajib aerodinamis demi meminimalisir hambatan angin. Tak luput, insinyur Volvo melucuti perangkat elektronik yang tidak diperlukan demi meringankan beban.

Iron Knight juga mengusung beberapa fitur baru yang membuatnya bisa melaju lebih cepat dibanding truk lainnya. Fitur terakhir ini bakal tersedia untuk versi produksi massal di beberapa tahun mendatang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini