Sukses

Honda Kembangkan Transmisi 11 Percepatan?

Kendaraan masa depan dituntut memiliki mesin yang ramah lingkungan dan memiliki tingkat efisiensi bahan bakar yang baik

Liputan6.com, Tokyo - Kendaraan masa depan dituntut memiliki mesin yang ramah lingkungan dan memiliki tingkat efisiensi bahan bakar yang tinggi tapi tidak terlalu mengorbankan performa. Karena itu, pabrikan mobil terus mengembangkan teknologi terbaru guna menjawab tantangan tersebut.

Salah satu upaya yang bisa dilakukan adalah mengoptimalkan kinerja sistem transmisi. Hal inilah yang sedang dilakukan pabrikan Honda.

Sebagaimana dikutip dari Autoguide, Honda telah mengajukan paten kepada Japanese Patent Office untuk sistem transmisi 11 percepatan dengan tiga kopling pada 27 Mei 2016. Paten yang didaftarkan mengatasnamakan Honda Motor Co Ltd dengan penemu Izumi Masao.

Disebutkan, dengan penggunaan tiga kopling ini sistem transmisi tidak memerlukan torque removal seperti yang dibutuhkan model kopling ganda. Dengan begitu pergantian gigi akan berlangsung lebih cepat dan respon perubahan kecepatan akan meningkat.

Sayangnya belum banyak informasi untuk sistem transmisi baru ini. Model apa yang akan menggunakan transmisi inipun belum bisa ditebak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.