Sukses

Begini Trik Berkendara Anti Macet

Kebiasan buruk saat mengemudi jadi alasan utama kemacetan lalu lintas, selain pastinya karena kepadatan kendaraan di jalan.

Liputan6.com, California - Kemacetan lalu lintas tidak hanya sekadar antrian panjang kendaraan bermotor yang berjalan lambat. Bila melihat penyebabnya, kemacetan bisa terjadi karena pembangunan jalan, perilaku ngawur berkendara, hingga penyempitan jalur.

Penyebab kemacetan lalu lintas dari sisi ilmiah sebenarnya juga karena kebiasaan buruk ketika mengemudi. Salah satu mobil atau pengemudi mengurangi kecepatan dari arus yang semestinya.

Fluktuasi kecepatan membuat kendaraan yang di  belakang ikut menahan laju dan menyebabkan antrian. Pengemudi sebenarnya bisa mensiasati kemacetan dengan menjaga kecepatan secara konstan.

Video yang dirilis AsapSCIENCE dan diwartakan Jalopnik ini menunjukkan dua mobil yang berjalan beriringan di lajur yang berbeda juga jadi penyebab macet. Lebih lanjut, penyebab macet yang sebenarnya bisa dihindari yaitu tidak berbincang dengan pengemudi mobil lain dalam posisi sejajar.

Tidak cukup sampai di situ, pengemudi dihimbau agar menjaga jarak aman dengan kendaraan di depannya dan melaju dalam kecepatan konstan. Saran terakhir untuk menghindari macet jelas menggunakan kendaraan umum.

Berkurangnya kepadatan kendaraan pribadi di jalanan bisa membuat waktu tempuh bus kota jadi lebih singkat karena terbebas dari antrian. Di Boston contohnya, waktu tempuh bisa 18 persen lebih cepat apabila 1 persen komuter beralih menggunakan transportasi umum.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini