Sukses

Michelin Jawab Keluhan Pembalap MotoGP

Michelin menyediakan kompon medium di varian ban basah.

Liputan6.com, Paris - Michelin mendapat protes dari para pembalap atas kualitas ban garapannya saat balap di Brno akhir pekan lalu. Jorge Lorenzo, Andrea Dovizioso bersama rekan setimnya Andrea Iannone jadi pembalap yang paling dirugikan dari kualitas ban yang buruk.

Ban depan tidak bisa menahan overheat ketika aspal mengering sehingga karet ban koyak. Pabrikan asal Prancis ini lantas menyiapkan ban basah dengan kompon medium untuk gelaran MotoGP di Silverstone.

Michelin saat itu menyiapkan kompon soft untuk ban depan sebagai pilihan utama, dan menunjukkan hasil positif ketika warm-up lap di mana aspal sirkuit Brno masih sangat basah. Namun aspal ternyata cepat mengering, khususnya di titik pembalap melakukan pengereman sehingga situasi ini menyiksa ban.

Dikutip Motorsport, Dovizioso bahkan sampai kehilangan bagian tengah tapak ban depan. Ia menyebut masalah utama dari ban pilihan Michelin sebenarnya karena kompon yang tersedia hanya soft dan hard, lalu ia menyerukan pemakaian ban dengan kompon medium.

Piero Taramasso selaku Manager Two-Wheel Michelin Motorsport mengonfirmasi masukan Dovizioso akan tersedia di balapan berikutnya di Silverstone. Balapan ini akan berlangsung kurang dari dua pekan mendatang.

"Kami harapkan di sana akan lebih dingin, tapi kami masih belum tahu apakah hanya menyediakan pilihan soft dan medium atau ketiganya (termasuk hard). Kami memastikan membawa yang medium," kata Taramasso.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.