Sukses

Performa Apik Marquez di Brno Terbantu Winglet

Marquez sempat meminta ubahan di elektronik namun tidak berhasil.

Liputan6.com, Praha - Marc Marquez sukses mengakhiri balap di seri Brno akhir pekan lalu dengan menduduki posisi ketiga. Pembalap kelahiran 1993 ini perlu berterima kasih pada winglet dan gaya balap ala Lorenzo yang membantunya meraih hasil maksimal.

Dikutip Motorsport, Pembalap tim Repsol Honda ini menggabungkan beberapa ubahan dan setelan teknis, termasuk memakai winglet aerodinamis. Ini membantunya meningkatkan kemampuannya di trek.

"Kemarin kami fokus lebih ke elektronik, saya mencoba beberapa hal tetapi saya tidak suka kemudian dikembalikan lagi seperti semula. Namun, kami melihat di sirkuit ini winglet begitu potensial sehingga kami memakainya di FP4," kata Marquez.

Marquez juga mencoba untuk meniru gaya balap Lorenzo karena berhasil jadi yang tercepat di FP3. Gaya balap tersebut membantu Marquez untuk meningkatkan kecepatan maksimum.

"Lorenzo jadi yang tercepat di FP3, jadi saya coba meniru lebih banyak gayanya meskipun berbeda. Lalu, gaya itu tampaknya bekerja dengan baik," lanjutnya.

Namun demikian, Marquez juga ikut mengeluhkan performa ban yang dipasok oleh Michelin saat sesi latihan bebas. Kekuatan ban mudah menurun yang membuat dua kali juara dunia MotoGP ini tidak mendapat grip maksimal.

"Salah satu masalah saya yakni ketika ban kemampuannya menurun, dan itu seringkali sliding. Saya kesulitan mendapat grip dan bahkan susah berakselerasi," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.