Sukses

Multifungsi, Mercy Unimog Jadi Lokomotif

Unimog sanggup menarik beban kereta api hingga 1.000 ton karena torsinya mencapai 900 Nm.

Liputan6.com, Stuttgart - Mercedes-Benz sukses menggarap Unimog jadi truk serba guna. Kendaraan ini juga didukung sistem penggerak empat roda yang membuatnya mudah melahap medan off-road sekalipun.

Namun, tantangan medan off-road tampaknya kurang ekstrim untuk ukuran Unimog. Jelang peluncuran resmi di InnoTrans bulan depan, Unimog dipaksa jadi lokomotif dan menarik rangkaian trem.

Dikutip Topgear, Unimog U 423 versi long wheelbase mengusung mesin 5,1 liter dengan output hanya 231 Tk. Namun dengan dukungan konverter torsi, kendaraan serba bisa ini sanggup menarik beban kereta api hingga 1.000 ton karena torsinya mencapai 900 Nm.

Saat jadi lokomotif, tenaga dari mesin tetap tersalur ke roda standarnya yang terbalut ban. Namun demikian, adanya bogie dan roda kereta api membuatnya bisa melaju di atas rel.

Tidak kalah mengesankan yaitu kecepatan maksimum saat jadi lokomotif mampu melaju hingga 50 km/jam baik di rel yang terdapat aspal atau hanya rel saja.

Mercedes-Benz selaku produsen juga menyiapkan versi pemadam kebakaran. Ini memungkinkan Unimog melakukan evakuasi di terowongan yang tidak bisa dilakukan kereta api penolong.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.