Sukses

Pasca-Gempa, Pabrik Honda Jepang Kembali Bangkit

Honda akhirnya kembali memproduksi penuh sepeda motor di pabrik yang ada di Kumamoto, Jepang, setelah bangunan itu hancur akibat gempa bumi.

Liputan6.com, Kumamoto - Honda akhirnya kembali memproduksi penuh sepeda motor di pabrik yang ada di Kumamoto, Jepang, setelah bangunan itu hancur akibat gempa bumi besar yang melanda Negeri Sakura itu, April lalu.

Dilaporkan motorcyclenews.com, ada dua bangunan yang mengalami kerusakan parah pasca-gempa tanggal 14 April. Saat itu, Honda memutuskan menutup pabrik.

Mulai 6 Juni, pabrik tersebut mulai berproduksi, tapi dengan jumlah yang terbatas. Hingga Agustus, perlahan kapasitas produksi terus ditingkatkan, seiring dengan perbaikan bangunan yang terus dilakukan.

Selain memang tidak bisa berproduksi, merek berlogo sayap mengepak tersebut juga memanfaatkan jeda waktu tersebut untuk memastikan pabrik aman untuk pekerjanya.

Meski jelas mengeluarkan uang besar untuk memperbaiki pabrik akibat bencana alam ini, Honda tidak merilis berapa persisnya kerugian yang mereka derita.

Honda sadar bahwa Jepang adalah wilayah rawan gempa. Karena itu mereka berjanji jika hal ini terjadi lagi, mereka akan melakukan pemulihan dengan cepat. "Untuk mengirim produk kepada pelanggan pada waktu yang tepat," ujar mereka.

Kumamoto adalah salah salah satu pabrik utama yang membuat motor besar (motor gede/moge) dan motor offroad. Beberapa model yang dibuat di sini adalah CRF1000L Afrika Twin, Goldwing, Fireblade, NC750, dan VFR1200F.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.