Sukses

Mazda RX-9, Sportscar Bermesin Rotari Debut Pada 2020

Mazda RX-9 yang mengusung mesin SKYACTIV-R sanggup menghasilkan daya hingga 395 Tk.

Liputan6.com, Tokyo - Mazda telah lama membahas suksesor RX-8, tepatnya sejak 2011 lalu. Kabar ini semakin terealisasi di 2015 pada Tokyo Motor Show di mana Mazda menampilkan konsep RX-Vision dengan sokongan mesin rotari SkyActiv-R.

Pada Maret lalu USPTO juga menerbitkan paten berjudul `Mesin Rotari Piston yang Terpasang pada Kendaraan.` Paten ini secara garis besar menggambarkan suatu mesin bertenaga namun efisien.

Dikutip Autoevolution meneruskan Holiday Auto, paten tersebut mengarah ke suatu mobil sport terbaru dengan mesin rotari, yang tak lain sedang dikembangkan Mazda. Kabar ini semakin diperkuat oleh para dewan direksi Mazda yang menyetujui merek dagang RX-9 untuk mobil sport bermesin rotari yang tengah digarap.

Dikatakan, prototipe RX-9 akan debut pada Tokyo Motor Show 2017 bertepatan dengan 50 tahun mesin Mazda Wankel diproduksi. Menurut prediksi, versi produksi RX-9 bakal debut dua tahun setelahnya di ajang yang sama.

Sumber yang sama juga menjelaskan para insinyur Mazda berusaha menggarap rancang bangun RX-9 agar bobotnya kurang dari 1.300 kilogram. Nantinya, RX-9 mengusung mesin 1,6 liter turbo rotari ditambah sepasang rotor 800 cc. Tenaga maksimalnya diproyeksikan hingga 395 Tk yang akan menggerakkan roda belalang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini