Sukses

Bukti Yamaha Bikin Mobil Dua Alam

Yamaha Motor ketahuan mengajukan paten berupa mobil dua alam (amfibi) ke Japanese Patent Officer.

Liputan6.com, Tokyo - Yamaha Motor ketahuan mengajukan paten berupa mobil dua alam ke Japanese Patent Officer. Pada gambar di atas, terlihat mobil yang rodanya dapat ditarik ke dalam sehingga menyerupai perahu.

Dalam paten tersebut, sebagaimana dilansir dari autoguide.com, diketahui bahwa kendaraan ini memungkinkan roda masuk ke dalam tanpa perlu dimensi yang besar, sehingga berimbas pada bobot yang tak terlalu berat.

Yamaha nampaknya memang tertarik menceburkan diri ke dalam persaingan di industri roda empat. Tahun 2015 lalu misalnya, Yamaha merilis mobil konsep bernama Sport Ride, dimana mesinnya diadopsi dari salah satu produk roda dua mereka.

Melihat produknya, yaitu mobil dua alam atau amfibi, maka nampaknya Yamaha menghindari berkonfrontasi dengan pabrikan Yamaha lain, melainkan mencari pasar dengan ceruk yang sebetulnya kecil (niche).

Belum ada informasi lebih jauh soal mesin atau komponen lainnya. Yang jelas, dalam paten tersebut, terlihat mobil dua alam ini dilengkapi dengan mesin pendorong air yang mampu membuat mobil melaju di dalam air.

Kabar bahwa Yamaha membuat mobil sebetulnya bukan hal baru. Pada Tokyo Motor Show 2013 misalnya, mereka memperkenalkan mobil bernama Yamaha Motiv.

Menurut laman caradvice.com.au, Yamaha Motiv akan dimulai produksi pada 2019. Sementara mobil yang baru terlihat patennya ini nampaknya masih butuh waktu yang lama untuk sampai ke tahap yang sama. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.