Sukses

Mercedes-Benz Tertarik Pasang Pelindung Kokpit

FIA ingin mendapat masukan dari tim lain untuk pengembangan pelindung kokpit sampai akhirnya resmi dipakai pada 2018.

Liputan6.com, Stuttgart - Keselamatan pembalap di Formula 1 (F1) saat ini mendapat perhatian lebih. Dua tim peserta memperkenalkan pelindung kokpit untuk pembalap, yakni Ferrari dengan Halo lalu Red Bull memakai Aeroscreen

Beberapa tim lainnya mulai mencoba salah satu pelindung tersebut. Terbaru, Mercedes akan mencoba Halo yang akan terpasang di mobil Nico Rosberg saat GP Belgia.

Federation Internationale de l'Automobile selaku penyelenggara balap F1 menginginkan kepada seluruh tim untuk menguji coba sistem pelindung pembalap yang telah tersedia. Ini dimaksudkan agar penciptanya mendapat masukan untuk setiap potensi masalah yang muncul, demikian dikutip Motorsport.

Seluruh tim F1 juga telah sepakat menunda pemakaian pelindung kokpit hingga 2018. Di sisi lain, mereka juga menyepakati untuk melanjutkan evaluasi konsep Halo sepanjang sisa musim ini, karena Halo yang paling siap pakai dibanding Aeroscreen yang belum memenuhi beberapa kriteria tes kecelakaan oleh FIA.

Salah satu masalah terbesar pada Halo yakni pada keterbatasan visibilitas pembalap. Tameng ini akan menyulitkan pandangan pembalap ketika melewati trek yang memiliki sudut elevasi besar, seperti sirkuit Eau Rouge di Belgia.

Di saat yang bersamaan, FIA tertarik untuk meminta salah satu tim F1 lainnya menguji Halo di Belgia karena akan mendapat masukan penting dari sisi visibilitas. Namun demikian, Mercedes AMG tidak menyebut berapa seri pengujian Halo yang mereka lakukan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.