Sukses

Biar Gampang, Mekanik Honda Ciptakan Alat buat Ganti Oli Shock

Pada setiap penyelenggaraan kontes mekanik, Honda pasti menampilkan ragam inovasi karya mekanik dari tiap main dealer.

Liputan6.com, Jakarta Pada setiap penyelenggaraan kontes mekanik, Honda pasti menampilkan ragam inovasi karya mekanik dari tiap main dealer untuk mempermudah pekerjaan teknis. Salah satu yang menarik yaitu alat bernama Front Fork Ring Stopper Discharge.

Alat ini merupakan karya dari tim mekanik Astra Motor Jayapura. Fungsi alat ini untuk membuka ring yang mengganjal tutup shockbreaker.

"Ini bisa dibuat sendiri, diambil dari segitiga motor dipotong. Ini buat bebek, ke depannya dibuat yang lebih besar," ucap Handy Hariko, Senior Manager Technical Service Division PT Astra Honda Motor.

Cara kerja alat ini menekan penutup oli shockbreaker memanfaatkan tekanan dari batang berulir yang diputar manual. Alat ini memudahkan mekanik bila membongkar shockbreaker baik untuk ganti oli atau mereparasi per, sehingga tidak perlu lagi butuh dua orang.

Sebagaimana diketahui, membuka penutup shockbreaker sulit dilakukan seorang diri. Salah satu mekanik bertugas memegang batang shockbreaker sembari menekan tutup, sementara mekanik yang lain mencongkel ring pengganjal yang menjepit tutup agar terbuka.

"Ini batangnya aman kalau dijepit (pakai Front Fork Ring Stopper Discharge). Kalau aslinya besi ini kan memang dijepit di segitiga," tambah Handy.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.