Sukses

Jet Darat McLaren Bersolek Ala Mobil Formula 1

keduanya memakai kombinasi corak dan warna abu-abu tua dan oranye.

Liputan6.com, London - McLaren merayakan perjalanan setengah musim 2016 yang bertepatan dengan GP Belgia akhir pekan ini dengan edisi khusus. Pabrikan otomotif asal Inggris ini memamerkan P1 GTR bersama dengan MP4/31 bersamaan.

Dari segi wujud, keduanya jelas berbeda. MP4/31 merupakan mobil balap di Formula 1, sedangkan P1 GTR adalah mobil tercepat McLaren. Persamaan antara keduanya yaitu pada corak dan warna yang memakai kombinasi abu-abu tua dan oranye.

Dikutip Carscoops, posisi lekuk corak oranye pada P1 GTR dibuat dengan skala yang persis dengan versi F1. Aksen oranye ini terdapat pada bagian kap, bodi samping, kap mesin dan bemper belakang, lalu kaca spion.

Namun demikian, McLaren tidak menyertakan beragam sponsor yang melekat pada bodi MP4/31 ke P1 GTR sehingga sosok hypercar ini tampak lebih polos.

Menyinggung performa MP4/31 di balap F1, mobil yang mengusung mesin Honda ini masih kurang kompetitif untuk bersaing di papan atas. Kemampuan mesin Honda lebih lambat dari Mercedes-Benz, Ferrari, bahkan Renault sehingga membuatnya lebih sering bersaing dengan tim papan tengah di paruh pertama musim ini.

Lain halnya dengan P1 GTR, hypercar ini mengusung DNA kental dari pemenang balap ketahanan Le Mans 24 Hours, F1 GTR. Mobil ini hadir dengan spesifikasi khusus balap dengan produksi hanya 375 unit.

McLaren merancang P1 GTR dengan layout mesin tengah yang menghasilkan tenaga maksimum 986 Tk. Mobil ini juga mengadopsi langsung teknologi dari F1 pada sayap belakang permanen berupa Drag Reduction System serta posisi spion yang lebih dekat ke pilar A sehingga lebih dekat dengan mata pengemudi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.