Sukses

Buat Hidrogen dari Limbah, Toyota Dapat Penghargaan Lingkungan

Toyota Tsusho, anak perusahaan Toyota Group mendapat penghargaan karena punya proyek lingkungan.

Liputan6.com, Fukuoka - Toyota Tsusho, anak perusahaan Toyota Group yang bergerak di bidang perdagangan, menerima penghargaan dari Japanese Ministry of Land, Infrastructure, Transport and Tourism karena sumbangsihnya terhadap lingkungan.

Melansir responsejp, Jumat (26/8/2016), Toyota bekerja sama dengan pemerintah kota Fukuoka, Universitas Kyushu, dan Mitsubishi Kakoshi Kaisha mengembangkan proyek bernama Hydrogen Leader City Project. Tujuan dari proyek ini adalah menciptakan masyarakat dengan hidrogen sebagai energi utamanya.

Nama penghargaannya sendiri secara resmi disebut Ministry of Land, Infrastructure, Transport and Tourism Cabinet Office's 14th Industry-Academic-Government Cooperation Service Acknowledgement Minister's Award.

Penghargaan diberikan di Tokyo Big Sight, Innovation Japan, sebuah acara kolaborasi antara dunia industri dan dunia pendidikan.

Proyek ini diluncurkan pada 2014 di Fukuoka. Proyek pertama yang direalisasikan adalah membangun stasiun pengisian bahan bakar hidrogen pertama di dunia yang memanfaatkan limbah. Stasiun ini mulai beroperasi pada Maret tahun lalu.

Teknologi pada stasiun tersebut mampu menghasilkan hidrogen dari biogas melalui pengolahan air limbah. Tak banyak yang melakukan daur ulang air limbah, apalagi menjadikannya sumber energi. Bahkan di negara maju seperti Jepang sekalipun.

Salah satu produk yang dapat memanfaatkan tenaga hidrogen adalah mobil. Toyota sendiri punya mobil tersebut, namanya Mirai. Mobil anti BBM ini bahkan mengeluarkan air yang dapat diminum dari saluran pembuangannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini