Sukses

Pecahkan Rekor, Truk Volvo Berlari 275 Km/Jam

Liputan6.com, Stockholm - Volvo sukses mencetak rekor baru kecepatan untuk truk pada kategori 500 meter dan 1.000 meter. Raksasa otomotif Swedia tersebut menjagokan Iron Knight dalam pemecahan rekor ini.

Truk yang dikemudikan Boije Ovebrink ini mencatatkan kecepatan hingga 275 km/jam untuk jarak 1.000 meter, sedangkan jarak 500 meter mencapai 132 km/jam. Dikutip Leftlanenews, Iron Knight memiliki kecepatan rata-rata 169 km/jam.

Kegiatan ini dilakukan pada jalur tertutup di utara Swedia. FIA selaku pemegang otoritas otomotif dunia kemudian memverifikasi data sebelum mengesahkan Iron Knight sebagai truk tercepat dunia.

 

Iron Knight ini merupakan hasil kustomisasi dari basis model FH. Insinyur Volvo menggarap mesin D13 turbodiesel milik FH dengan menambahkan empat turbocharger dan intercooler berpendingin air.

Tenaga tractor head ini pun meroket jadi 2.400 Tk dengan torsi 5.999 Nm. Kabin Iron Knight dibangun menggunakan bahan fiberglass, desainnya juga wajib aerodinamis demi meminimalisir hambatan angin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini