Sukses

Ragam Scrambler Penggaruk Tanah di Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Varian scrambler saat ini booming di seluruh negara, termasuk di Indonesia. Popularitas scrambler meroket karena motor ini menawarkan performa di aspal maupun medan off road ringan yang sama baiknya.

Pabrikan otomotif pun berlomba menciptakan varian scrambler, baik memanfaatkan platform baru atau ubahan dari model yang sudah ada. Para agen pemegang merek pun tak luput memperkenalkan scrambler andalannya ke Indonesia karena penggemarnya yang cukup besar.

Apa saja merek tersebut, berikut ini uraian singkatnya:

Ducati Scrambler

Merek asal Italia ini bisa dibilang jadi pelopor yang memperkenalkan scrambler di Indonesia. Garansindo Group selaku pemegang merek membawa seluruh varian Scrambler, baik itu Scrambler 800 ataupun Sixty2.

Ducati Scrambler 800 debut perdana di ajang Intermot, Jerman pada 2014 lalu. Model ini mengusung mesin 803 cc dengan produksi tenaga 75 Tk. Scrambler 800 hadir dalam tiga varian yakni Urban Enduro, Full Throttle and Classic. Masing-masing varian tersebut menawarkan performa dan gaya yang berbeda-beda pada Scrambler.

Sementara itu, Scrambler Sixty2 mengusung mesin berkubikasi 399 cc L-Twin dengan pendingin udara. sepeda motor ini menggunakan platform sasis milik Scrambler 800, namun yang dirancang lebih ringan dengan bobot 167 kilogram.

BMW RnineT Scrambler

BMW Motorad Indonesia akan memperkenalkan BMW R Nine T Scrambler di GIIAS 2016

Scrambler yang hadir di Indonesia lebih identik dengan merek asal Eropa. Selain Ducati, BMW Motorrad juga membawa jagoannya yaitu RnineT Scrambler di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016.

Platform yang digunakan serupa dengan RnineT yang mengadopsi mesin 1.170 cc, flat twin boxer dengan output 110 Tk pada 7.750 rpm dan torsi 116 Nm pada 6.000 rpm. Menyoal harga, motor ini dibanderol Rp 620 juta off the road.

Kawasaki

Scrambler berbasis Ninja 650 ini digarap rumah modifikasi lokal, Smoked Garage.

Pabrikan dengan warna kebesaran hijau sejauh ini memang belum pernah menjual model scrambler di Indonesia. Namun, ada satu unit Scrambler yang pernah dijual oleh dealer Duta Intika Kawasaki di Bali.

Motor ini merupakan karya rumah modifikasi lokal, Smoked Garage berbasis Ninja 650 produksi 2013. Harganya juga cukup tinggi, mencapai Rp 314 juta.

Rincian harga ini antara lain terbagi atas harga jual motor Rp 164 juta ditambah biaya modifikasi Rp 150 juta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini