Sukses

Dua Jenis Ban Pendukung Gaya Scrambler

Ban jenis enduro dan dual sport memudahkan motor ketika menerjang jalan berbatu.

Liputan6.com, Jakarta - Modifikasi bertema scrambler menuntut beberapa ubahan yang bisa menunjang performa motor di medan off road. Salah satu komponen penting yang memudahkan motor melalui jalan yang kasar yaitu ban.

Ban untuk medan off road terbagi dalam tiga jenis yaitu motocross, enduro, dan terakhir dual sport. Untuk scrambler sendiri, bisa memanfaatkan jenis ban dual sport atau enduro apabila jalurnya sedikit ekstrim.

Ban dual sport memang diciptakan untuk melalui dua alam, jalan raya dan off road. Ban ini memberi kenyamanan ketika berkendara di jalan raya dan masih mampumenengkram ketika melewati jalur tanah atau jalan berbatu.

Foto: Tokopedia

Ciri khas ban dual sport ini memiliki kembang kotak-kotak dengan profil cukup rapat agar lebih mencengkram aspal. Alur-alur ban yang cukup banyak berfungsi agar ban tidak selip.

Lain halnya dengan ban jenis enduro, yang memiliki profil tapak lebih kasar. Kembang ban enduro hampir mirip dengan ban motocross dengan tujuan lebih menggigit jalan yang cukup kasar seperti jalan tanah, kerikil, atau jalan berlumpur.

Namun demikian, ban enduro sedikit kurang nyaman ketika melewati jalan aspal. Ini karena celah kembangannya yang cukup lebar membuat bidang yang menapak di aspal lebih sedikit.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.