Sukses

Super Langka, Mobil Perang Garapan Porsche Harganya Rp 3,47 M

Liputan6.com, Stuttgart - Siapa bilang Porsche hanya piawai membuat mobil sport saja. Pabrikan yang bermarkas di Stuttgart, Jerman ini pernah membangun SUV tangguh bernama 597 Jagdawagen jauh sebelum Mercedes-Benz menciptakan G-Class.

Porsche memproduksi 597 Jagdawagen pada 1955-1958 dengan penggunaan terbatas di instansi militer. Dari sisi desain, Ferdinand Porsche selaku penggagas 597 banyak terpengaruh dari Volkswagen Kubelwagen dengan peningkatan pada aspek penampilan dan kinerja.

Dikutip Motor1, Ferdinand membuat door sill yang lebih tinggi, lalu menambahkan batang stabilizer. Dapur pacu 597 mengusung mesin empat silinder berpendingin udara dengan posisi di belakang.

Mesin tersebut mampu memproduksi tenaga maksimum 50 Tk dan membuat mobil melaju hingga kecepatan maksimum 100 km/jam. Kemampuan di medan offroad juga mumpuni karena mampu menanjak dengan kemiringan hingga 65 derajat.

Porsche memiliki kesulitan memproduksi 597 dalam jumlah besar, dan hanya mampu menggarap 71 unit dalam kurun waktu kurang lebih tiga tahun. Dari jumlah itu, 49 unit di antaranya menggunakan spesifikasi untuk sipil.

Salah satu unit 597 yang tersisa akan dilelang bulan depan oleh rumah lelang Bonhams, di Inggris. Mobil yang diproduksi pada 1957 tersebut ditaksir bakal laku dengan harga maksimal 200 ribu pound sterling atau sekira Rp 3,47 miliar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini