Sukses

Autocross, Mainan Baru Adu Kecepatan dan Ketangkasan Mobil

PT Pertamina (Persero) dan Goodrides menggelar Gas In Flat Out (GIFO) Vol. 3 dengan konsep baru berupa autocross

Liputan6.com, Tangerang - PT Pertamina (Persero) dan Goodrides menggelar Gas In Flat Out (GIFO) Vol. 3 dengan konsep baru berupa Autocross di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Tangerang, Minggu (28/8). Sekira 50 mobil yang sebagian besar bermesin turbo turut serta dalam acara ini.

Disebutkan, autocross merupakan jenis cabang motorsport yang menghitung waktu dan kehandalan melewati lintasan sebagai acuan penilaian utama. Menggunakan lapangan terbuka, lintasan mengikuti cone dan peserta dituntut melewati lintasan secepat mungkin tanpa menjatuhkan cone.

Apabila ada cone yang terjatuh, maka peserta akan mendapatkan penalti berupa penambahan waktu.

Berbeda dengan gymkhana dan slalom yang sangat mengasah ketangkasan driver dalam meliuk-liukan kendaraan untuk memutari cone, layout trek Autocross lebih sederhana tanpa mengharuskan driver untuk menarik hand brake (rem tangan) atau melakukan sliding.

Perbedaan signifikan lainnya antara autocross dengan gymkhana atau slalom sendiri ada pada layout lintasan bisa high speed. Autocross sangat membutuhkan kehandalan pengemudi menyelaraskan dengan performa kendaraan.

Kemampuan teknis mobil dan bahan bakar sangat berpengaruh. Belum lama ini Pertamina memperkenalkan Pertamax Turbo sebagai bahan bakar minyak (BBM) untuk mobil-mobil berperforma tinggi diuji. BBM ini punya Research Octane Number (RON) 98 atau selevel di atas Pertamax Plus yang kini tak lagi dipasarkan Pertamina.

Berikut daftar pemenang Autocross 2016:
Juara I - Regi Fiandisa - Subaru Impreza WRX STI
Juara II - Reza - Mitsubishi Lancer Evolution 8 MR
Juara III - Reza Alvin Adhitya - Mercedez Benz W124 E220
Best Rear Wheel Drive (RWD) - Evan Shih - BMW E36
Best Front Wheel Drive (FWD) - Ananto Budi Prabowo - Honda Jazz
Best All Wheel Drive (AWD) Ahmad Fadillah Alam - Subaru Impreza WRX STI.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini