Sukses

Ho Chi Minh City Baru Punya Pasar Mobil Bekas

Di Ho Chi Minh City, yang notabene merupakan kota terbesar di Vietnam, baru ada satu pasar mobil bekas, itupun baru saja dibuka minggu lalu.

Liputan6.com, Ho Chi Minh City - Di kota besar seperti Jakarta, keberadaan pasar mobil bekas adalah hal yang lumrah. Di sini misalnya ada WTC Mangga Dua dan MGK Kemayoran yang menyediakan mobil bekas dengan harga kompetitif.

Tapi di Ho Chi Minh City, yang notabene merupakan kota terbesar di Vietnam, baru ada satu pasar mobil bekas, itupun baru saja dibuka minggu lalu.

Dilaporkan vietnamnews.vn, pasar mobil bekas bernama Sagu Auto ini terletak di 29 Nguyen Dinh Chieu Street di Distrik 1. Luasnya sekira 5.000 meter persegi, dan dapat menampung 100 unit mobil dengan beragam ukuran.

Di tempat terdapat mobil yang memang dari awalnya sudah murah, hingga mobil-mobil high-end alias mewah. Harganya berkisar antara VNĐ 225 juta hingga 2 miliar atau setara Rp 133 juta sampai Rp 1,1 miliar.

Menariknya, pembukaan pasar mobil bekas ini salah satunya disebabkan karena tidak efektifnya penjualan mobil bekas secara daring. Padahal umumnya kalau di Indonesia orang lebih suka mencari mobil bekas dengan cara tersebut.

"Pasar mobil bekas bertujuan untuk menghubungkan penjual dan pembeli yang paling cepat dan paling menghemat waktu," ujar Tran Thai Hoa, direktur Sago Auto.

Hal ini dikonfirmasi oleh Vũ Huy Nam, salah satu pembeli. "Saya menghabiskan banyak waktu untuk mencari (secara daring), tapi harganya sangat tinggi. Datang ke sini, saya pikir saya bisa menemukan mobil dengan harga yang wajar," katanya.

Berbeda dengan pasar mobil bekas lain, di sini harga mobil ditentukan oleh manajemen Sago, meski masih bisa dinegosiasikan oleh pemilik mobil. Semua informasi ada pada kaca depan, dengan nomor telepon sang pemilik.

Semua pembayaran dilakukan melalui rekening bank untuk meminimalisir risiko. Uang akan ditransfer ke penjual mobil ketika semua proses selesai.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.