Sukses

Juara Kontes Mekanik Nasional, Mekanik Honda Bawa Pulang Motor

Kontes Mekanik menjadi salah satu upaya Astra Honda Motor untuk meningkatkan ketrampilan mekanik dan pelayanan purna jual terhadap konsumen

Liputan6.com, Jakarta PT Astra Honda Motor (AHM) kembali menggelar kompetisi keterampilan mekanik dan service advisor untuk mengukur kemampuan mekanik dan service advisor Honda di Tanah Air dalam memberikan layanan purna jual terbaik kepada konsumen. Bertajuk The 23rd Honda Indonesia Technical Contest, kompetisi ini memperlombakan 3 kategori yaitu Mekanik Pit, Service Advisor dan kategori terbaru yaitu Mekanik Pre Delivery Inspection (PDI).

General Manager Technical Service Division AHM, Wedijanto Widarso mengatakan kompetisi keterampilan mekanik dan service advisor ini secara konsisten dilakukan oleh AHM sebagai upaya perusahaan dalam meningkatkan kompetensi sumber daya manusia di jaringan purna jual sepeda motor Honda di Indonesia.

"Kompetisi ini memasuki tahun ke 23. Ini merupakan wujud komitmen dan konsistensi perusahaan dalam menyiapkan pelayanan terbaik bagi konsumen pengguna sepeda motor Honda. Kali ini, kami menambah kategori baru yaitu mekanik PDI untuk melengkapi uji kompetensi baik secara teknis maupun non teknis sehingga layanan dalam mewujudkan kepuasan konsumen lebih maksimal,” Wedijanto Widarso.

Kontes kali ini diikuti total 22.245 peserta terdiri dari para mekanik dan service advisor Honda dari seluruh Indonesia dan digelar AHM bekerjasama dengan jaringan main dealer motor Honda seluruh Indonesia.

Dalam pelaksanaannya, kompetisi dilakukan lewat seleksi berjenjang, dimulai dari tingkat Astra Honda Authorized Service Station (AHASS) dan diikuti 18.491 mekanik dan 3.754 service advisor.

Peserta melakukan uji materi pemasangan bearing pada acara Kompetisi Keterampilan Mekanik & Service Advisor ke -23 di Gedung Astra Honda Training Center (AHTC), Sunter (25/8)

Seleksi dilanjutkan ke tingkat regional dan berhasil menyaring 3.752 peserta dari mekanik pit, 512 service advisor, dan 352 mekanik PDI. Kemudian, dari tahap regional disaring peserta tingkat nasional dan diikuti 81 peserta terdiri atas 27 mekanik AHASS, 27 service advisor, dan 27 mekanik PDI yang dilangsungkan di Astra Honda Training Center, Jakarta, ‎pada 24 - 26 Agustus 2016. Hasil akhir kompetisi ini diumumkan dalam malam penghargaan yang diadakan pada Jumat (26/8), di Hotel Santika, Kelapa Gading - Jakarta Utara.

Abdul Muiz, mekanik dari AHASS Astra Motor Pati wilayah main dealer Astra Motor Center Semarang meraih juara 1 dari kategori Mekanik Pit. Untuk kategori service advisor, raihan juara 1 diperoleh Fadzar Supriyadi dari AHASS PT. Tunas Dwipa Matra cabang Saharjo wilayah main dealer PT Wahana Makmur Sejati - Jakarta.

Kemudian Mualif Rudianto dari AHASS Daya Motor Soekarno Hatta wilayah PT Daya Adicipta Motora – Jawa Barat meraih juara 1 pada kategori Mekanik PDI.

Para mekanik yang meraih juara pertama di tiga kategori berbeda.(Fadzar, Abdu Aziz, Mualif)

Bagi Abdul Muiz dan Mualif Rudianto yang masing-masing telah berkeluarga menyatakan akan mempersembahkan kemenangan ini untuk ibu, istri dan anak serta tak lupa untuk mentraktir teman-teman yang telah mendukung. Sementara bagi Fadzar Supriyadi, saat ditanya masih bingung akan dipakai untuk apa, karena masih tak percaya dengan kemenangannya.

"Kemenangan ini saya persembahkan untuk ibu, istri dan anak saya. Dengan restu dan doa mereka, saya bisa berhasil seperti saat ini," kata Muiz.

"Senang sekali menjadi juara, kemenangan ini saya persembahkan untuk istri dan anak. Masih gak nyangka, sekalinya lolos ke nasional bisa dapat juara," ujar Mualif.

"Senang banget bisa menang, gak nyangka karena lawannya senior semua dan sudah pada kenal," ungkap Fadzar.

Meski meraih juara dari kategori yang berbeda, secara umum ketiganya memiliki kunci yang hampir sama.

"Latihan khusus. Sejak lolos dari regional untuk nasional, saya dibekali oleh main dealer wahana selama 1 bulan khusus buat belajar. Belajar semua tentang teknik motor, buku pedoman dipelajari semua," kata Fadzar yang berhasil mendapatkan sepeda motor Honda Supra GTR 150 dan memiliki harapan suatu hari nanti dapat bergabung dalam tim instruktur dan pengajar. Untuk mencapai cita-citanya tersebut, Fadzar pun berkomitmen untuk segara menyelesaikan kuliah teknik mesinnya di Universitas Negeri Jakarta.

Khusus untuk juara 1 Mekanik Pitt yakni Abdul Muiz, selain mendapatkan uang tunai dan sepeda motor New Honda Sonic 150R dirinya juga berkesempatan mengikuti seleksi internal dari Astra Honda Motor untuk bisa mewakili Indonesia dalam ajang “Asia Oceania Technical Contest” yang diadakan di Vietnam pada akhir tahun ini.

(Adv)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.