Sukses

Gaya Eksentrik MV Agusta F4Z, Siapa Perancangnya?

MV Agusta akhirnya memperkenalkan Superbike F4Z, motor kolaborasi dengan umah desain Zagato asal Italia.

Liputan6.com, Jakarta MV Agusta akhirnya memperkenalkan Superbike F4Z, setelah dalam beberapa minggu terakhir informasi tentangnya bocor. Motor ini adalah hasil kolaborasi antara MV Agusta dengan rumah desain Zagato asal Italia.

Pabrikan otomotif asal Italia ini pertama kali memperkenalkan Superbike F4Z melalui akun Twitter resmi. Bersamaan dengan foto, disebutkan pula bahwa F4Z akan dipamerkan di acara Chantilly Arts and Elegance di Perancis, 4 September.

Dari gambar di atas diketahui bahwa Superbike F4Z dilengkapi dengan fork tradisional, single-sided swingarm standar MV Agusta di belakang, dan frame teralis. Body dibuat dengan alur halus, berbeda dengan model standar MV Agusta yang terkenal agresif, dengan fokus pada desain yang lebih `bergelombang.

Tidak banyak rincian teknis yang diketahui dari motor ini. Beberapa video teaser-nya pun kurang menginformasikan apapun. Tapi mungkin saja motor ini masih menggendong mesin empat silinder, 1.000 cc, sebagaimana versi standarnya.

Menurut laman autoblog.com, ada kemungkinan beberapa elemen desain Zagato ini akan diadopsi pada platform superbike baru yang sedang dikembangkan.

Sebagai tambahan, MV Agusta seri F4 pertama kali diperkenalkan pada 1998. F4 dibuat oleh desainer sepeda motor bernama Massimo Tamburini dari CRC (Cagiva Research Center). Orang yang sama juga pernah mendesain Ducati.

Sepanjang sejarahnya, telah banyak model keluar dari seri F4. Adapun, F4 RR yang mulai diproduksi pada 2011 jadi model terkuat. Dengan bekal mesin 998 cc, motor ini mampu semburkan tenaga 198 Tk dan torsi 114 Nm.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini