Sukses

Dari Pulogadung, Yamaha MT-03 Menuju India

Naked bike Yamaha MT-03 produksi PT Yamaha Motor Manufacturing Indonesia (YMMI) akan dibuka selubungnya di India.

Liputan6.com, Delhi - Naked bike Yamaha MT-03 produksi PT Yamaha Motor Manufacturing Indonesia (YMMI) akan dibuka selubungnya di India, pada festival season, antara September hingga November. Motor ini akan dijual dengan harga mulai Rs 2,75 lakh atau setara Rp 54 juta off the road Delhi.

Untuk diketahui, Yamaha MT-03 adalah versi telanjang dari YZF-R3, motor yang juga dijual di India, mulai tahun lalu. Sama juga dengan R3, MT-03 akan didatangkan secara completely konck down atau CKD dari Indonesia.

Meski dibangun dengan basis R3, perbedaan MT-03 adalah posisi riding yang lebih tegak, serta lebar pegangan yang lebih lebar. Ditopang dengan tangki bensin besar, motor ini dan juga pengendaranya, akan terlihat garang.

MT-03 didukung oleh mesin paralel twin 321 cc, 6 percepatan, DOHC, yang mampu hasilkan tenaga 41 Tk pada 10.750 rpm dan torsi 29,5 Nm pada 9.000 rpm.

Salah satu fitur yang hilang pada motor ini adalah ABS. Dijelaskan, sistem pengereman ini dipreteli demi menjaga harga tetap kompetitif. Maklum, di India MT-03 akan menghadapi kompetitor kuat semacam Kawasaki Z250 dan Benelli TNT300.

YIMM memang gencar melakukan ekspor terhadap beberapa produknya. Di antaranya adalah Yamaha R 3 dan NMax 125. Bahkan MT-03 sejak Mei lalu sudah dijual di kawasan Eropa dengan sistem CBU, dengan harga yang tentunya relatif tinggi.

Sayang, meski kiprahnya cukup baik di luar negeri, YIMM tidak menjual Yamaha MT-03 di Indonesia. Salah satu alasan yang pernah mereka kemukakan adalah struktur pajak Indonesia yang cukup memberatkan untuk motor 250 cc ke atas. Sehingga kalau dipaksa di jual di dalam negeri, maka harganya pasti melambung tinggi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini