Sukses

Motor Terendam Banjir, Begini Cara Mengatasinya

Hujan yang mengguyur Jakarta dan kota lainnya dalam beberapa hari terakhir menimbulkan banjir.

Liputan6.com, Jakarta Hujan yang mengguyur Jakarta dan kota lainnya dalam beberapa hari terakhir menimbulkan banjir. Banyak motor yang terendam air lumpur berwarna kecoklatan.

Anda tidak perlu panik apabila motor terendam banjir yang cukup tinggi. Kuncinya yaitu hanya menguras sisa air dari tangki bensin, bak oli, serta ruang bakar.

"Kalau motor terendam banjir sampai setinggi jok dalam waktu yang lama, cek olinya. Oli dibuang 4-5 kali sembari dihidupkan mesinnya, sampai warna putih susunya nggak ada. Bisa dicek dari deepstick," tutur Supardiono selaku Kepala Bengkel AHASS 0001 Astra Motor Jakarta pada Liputan6.com.

Langkah selanjutnya yaitu membuang air yang masuk ke ruang bakar dengan cara membuka lubang busi kemudian men-sela pakai kick starter beberapa kali sampai tidak ada air sama sekali. Jangan lupa untuk membersihkan ujung elektroda busi hingga sisa air kering.

"Air masuk dari knalpot lewat klep. Buka busi, lalu di selah-selah buat buang air. Pernah motor saya terendam, bensin dikuras, oli dikuras, terus hidup lagi motornya," ucap pria dengan sapaan Pardi ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini