Sukses

Honda Tambah 6 SMK Binaan di Jawa Barat

SMK KTSM Honda merupakan implementasi dari program Satu Indonesia.

Liputan6.com, Karawang - PT Astra Honda Motor (AHM) bersama PT Daya Adicipta Motora (DAM), main dealer sepeda motor Honda Jawa Barat, meresmikan enam Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Kurikulum Teknik Sepeda Motor Honda (KTSM) Honda di Jawa Barat. Penandatangan MoU dilakukan di SMK Lentera Bangsa, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Rabu (31/8/2016).

Penandatangan MoU disaksikan Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana beserta jajarannya, Senior Manager Technical Service Division AHM Handi Hariko, dan Yudi Heriyadi, Manager Technical Development DAM.

Senior Manager Technical Service Division AHM Handi Hariko mengatakan, SMK KTSM Honda merupakan implementasi dari program Satu Indonesia. "Ini merupakan wujud nyata dari caturdharma Astra. Program link and match ini merupakan wujud nyata kami untuk masuk ke masyarakat ekonomi ASEAN. Jangan sampai kita menjadi tamu atau pesuruh di negeri sendiri," katanya.

Sementara itu, Yudi Heriyadi, Manager Technical Development DAM, menyebutkan sekolah tersebut akan langsung mendapatkan program kurikulum setara dengan pendidikan yang diberikan untuk mekanik AHASS (Astra Honda Authorized Service Station) atau Technical Training Level Satu (TTL 1).

"Program yang sudah ditetapkan oleh pemerintah ini melibatkan dunia industri dengan dunia pendidikan. Kami harapkan lulusan SMK ini memiliki kompetensi yang meningkat dan bisa dipakai di dunia industri. Diharapkan siswa-siswa lulusan SMK dapat langsung bekerja di jaringan AHASS atau berwirausaha," ujar Yudi.

Sebagai informasi, enam SMK KTSM Honda yang baru bergabung, di antaranya SMK Lentera Bangsa Kab. Karawang, SMK Rismatek Kab. Karawang, SMK Nurul Ansor Kab. Karawang, SMK Negeri Situraja Kab. Sumedang, SMK Industri Teknologi Nasional Karawang, dan SMK Ulil Albab Depok Kab. Cirebon. Dengan bertambahnya enam SMK di wilayah Jawa Barat, kini total SMK binaan menjadi 122 SMK.

Untuk diketahui, lulusan SMK KTSM di Jawa Barat juga berkesempatan mengikuti proses rekrutmen yang dilakukan oleh DAM dan nantinya akan disebar di jaringan AHASS di Jawa Barat. Hingga kini, sebanyak 305 siswa lulusan SMK KTSM Honda telah bekerja di seluruh AHASS yang tersebar di Jawa Barat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.