Sukses

Ternyata, Ini Resep Vinales Juarai MotoGP Inggris

Suzuki GSX-RR terus mengalami peningkatan performa. Tahun ini tenaganya naik hampir 10 Tk.

Liputan6.com, Silverstone - Maverick Vinales mencetak sejarah untuk Suzuki. Pemuda 21 tahun itu jadi pembalap Suzuki pertama yang berdiri di podium nomor satu untuk kelas MotoGP, di Sirkuit Silverstone, Inggris, Minggu (4/9/2016).

Vinales memulai balapan dari posisi ketiga. Setelah start, ia langsung menyodok di posisi terdepan. Ia `menggila`, sebab tak ada pembalap lain yang mampu menyalipnya hingga garis finish, termasuk pembalap senior seperti Valentino Rossi.

Semua itu ia lakukan dengan motor tunggangannya, Suzuki GSX-RR. Tentu tak ada yang mengira ia berhasil mencapai posisi ini. Pasalnya beberapa kali pembalap asal Spanyol ini tak puas dengan kinerja motor.

Ia, misalnya, mengaku frustasi dengan kinerja GSX-RR di TT Assen, Belanda, akhir Juni lalu. Ia mengatakan bahwa perangkat elektronik motor ini buruk. Lalu di GP Mugello, Mei lalu, ia mengatakan motornya punya akselerasi yang buruk.

Suzuki GSX-RR sebetulnya secara teknis mesin tak berbeda jauh dengan motor lain semacam Yamaha YZR-M1, Ducati Desmosedici GP, dan Honda RC213V. Motor berkelir biru itu juga menggendong mesin 1000 cc dengan tenaga maksimal 236 Tk.

Sebagai pembanding, Yamaha YZR-M1 memiliki output maksimal 240 Tk, Ducati Desmosedici GP 245 Tk, dan Honda RC213V 241 Tk.

Lebih jauh, laman suzuki-racing.com menyebut bahwa mesin tersebut bertipe pendingin cair, 4-stroke, in-line, 4-silinder, DOHC 4-valve. Disandingkan dengan transmisi enam percepatan, mesin ini mampu membawa motor berlari hingga lebih dari 330 km/jam.

Motor ini pertama kali diperkenalkan pada 30 September 2014, dengan status sebagai pengganti Suzuki GSV-R. GSX-RR telah dikembangkan oleh Suzuki sejak 2012, dan terus mengalami peningkatan setelah itu.

Motor untuk musim balap 2016 misalnya, lebih bertenaga 9,4 Tk dibanding tahun sebelumnya. Setelah itu, juga telah mengadopsi ECU Magneti Marelli. Perbedaan lain adalah di musim ini terpampang tulisan `Nyalakan Nyali` milik Satria F150 yang dibuat oleh PT Suzuki Indomobil Motor.

Bahkan, pembalap sekelas Marc Marquez pernah mengatakan bahwa Suzuki GSX-RR adalah motor yang paling membuatnya terkejut. "Ini adalah sepeda motor yang sudah banyak dikembangkan," ujar pembalap kelahiran 1993, April lalu.

Ke depan, baik Suzuki dan tim-tim lain akan terus meningkatkan performa motor masing-masing. Khusus Suzuki, mereka mengatakan akan terus meningkatkan traksi. Selain itu, pemilihan ban juga kerap jadi kunci keberhasilan pembalap naik podium.

Spesifikasi teknis Suzuki GSX-RR

Overall L x W x D: 2096mm x 720mm x 1140mm
Wheelbase: 1457mm
Engine Type: Water-Cooled, 4-Stroke, In-line 4-Cylinder, DOHC 4-Valve
Displacement: 1000cc
Maximum Output: Over 236 HP
Maximum Speed: Over 330km/h
Gearbox: Six-Speed (seamless system)
Frame Type: Twin-Spar Aluminium
Tyres (Front / Rear): 17in / 17in
Front Suspension: Ohlins, Inverted Fork
Rear Suspension: Ohlins
Brakes (Front / Rear): Carbon / SteelDisk, Brembo

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini