Sukses

Berita Terkini MotoGP, Repsol Honda Akan Uji Coba Mesin Baru

Honda, melalui dua pebalapnya Marc Marquez dan Dani Pedrosa, siap menguji mesin baru untuk musim balap tahun depan.

Liputan6.com, Misano - Honda, melalui dua pebalapnya Marc Marquez dan Dani Pedrosa, siap menguji mesin baru untuk musim balap tahun depan, di sesi latihan privat di Misano, Italia, Senin pekan depan.

Awalnya, sebagaimana dilaporkan motorsport.com, skuad asal Jepang ini ingin melakukan uji coba di Brno, sehari setelah GP Ceko. Namun akhirnya ditunda karena prioritas saat itu adalah mesin yang sedang dipakai.

Pertimbangannya, mesin yang ada sekarang lebih mendesak untuk diuji, seiring dengan banyaknya masalah yang muncul di luar perkiraan.

Seharusnya, di hari yang sama Movistar Yamaha juga melakukan uji coba serupa. Namun di detik-detik terakhir mereka memutuskan urung melakukannya.

Tak dijelaskan lebih jauh spesifikasi mesin baru yang diperkenalkan pada musim balap 2016 ini. Termasuk apakah unit tersebut masih mempertahankan counter-rotating crankshaft, yang berputar ke belakang bukan ke depan, atau tidak.

Sebagai gambaran saja, mesin yang saat ini disematkan pada Honda RC213V mengadopsi mesin 4-tak, DOHC, 4 silinder, berpendingin cair dengan kapasitas 1.000 cc. Mesin ini diklaim mampu hembuskan tenaga hingga 235 Tk.

Honda sendiri adalah tim balap MotoGP pertama yang melakukan tes mesin. Ini akan menjadi keunggulan tersendiri bagi mereka karena punya waktu yang lebih banyak untuk proses pengembangan demi hasil yang maksimal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini