Sukses

Intip 3 Motor Gede 1000 Cc Yang Eksis di Indonesia

Berikut adalah tiga motor berkapasitas mesin 1.000 cc yang eksis di Indonesia. Harganya lebih dari Rp 300 juta.

Liputan6.com, Jakarta - Meski fungsi utamanya adalah untuk berkendara komuter (sehari-hari), namun ada pula jenis-jenis sepeda motor yang memang dimaksudkan untuk prestise, dan hobi mahal seperti balapan.

Umumnya ciri motor tersebut adalah punya harga di atas rata-rata. Lebih dari itu, kapasitas mesinnya juga berbeda dibanding yang lain. Jika untuk penglaju umumnya mesin 250 cc sudah paling besar, maka motor hobi bisa lebih dari itu.

Ada yang 500 cc, 600 cc, 750 cc, dan yang 1.000 cc. Motor berkapasitas mesin yang disebut terakhir yang akan kita bahas.

Motor yang punya kapasitas mesin 1.000 cc umumnya digolongkan sebagai motor premium. Segudang fitur modern sudah pasti berjejalan pada motor ini. Tak heran jika kemudian harganya bisa mencapai ratusan juta.

Di Indonesia, terdapat beberapa motor 1.000 cc yang eksis, meski dipastikan akan sulit ditemui di jalanan umum karena hanya segelintir orang saja yang mampu membelinya. Meski begitu hampir semua pabrikan motor tradisional seperti Honda dan Yamaha melengkapi lineup mereka dengan motor di kelas ini.

Motor-motor apa saja yang dimaksud? Berapa besar tenaga yang keluar dari mesin yang punya kubikasi sama dengan motor di MotoGP itu? Berapa pula kecepatan maksimalnya? Diolah dari berbagai sumber, berikut ulasannya:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Next

Honda CBR1000RR

Honda CBR1000RR juga dikenal dengan nama Fireblade. Diproduksi sejak 2004, Fireblade SP diimpor langsung dari negara asalnya, Jepang, ke Indonesia oleh PT Astra Honda Motor (AHM).

Menurut laman astramotor.co.id, Fireblade SP menggendong mesin 999 cc, liquid-cooled, 4-stroke, 16-valve, DOHC inline 4-cylinder, dan sudah berteknologi injeksi. Mesin ini disandingkan dengan transmisi 6 percepatan.

Dengan rasio kompresi 12.3 : 1, mesin Fireblade mampu memuntahkan tenaga maksimal hingga 175,6 Tk pada 12.000 rpm dan torsi 112 Nm pada 8.500 rpm.

Segudang fitur menarik ada pada motor fairing ini. Misalnya, untuk sistem pengereman, CBR1000RR mengandalkan Brembo, sementara untuk suspensi menggunakan milik Ohlins yang sudah sama-sama dikenal luas akan kualitasnya.

CBR1000RR hanya tersedia dalam satu warna, HRC Tricolor. Motor ini dibanderol dengan harga Rp 575 juta on the road Jakarta.

3 dari 4 halaman

Next

Yamaha YZF-R1

Yamaha YZF-R1 pertama kali diproduksi pada 1998, dan terus eksis setelahnya. Di Indonesia, motor ini didatangkan secara utuh (CBU) dari Jepang oleh Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Laman yamaha-motor.co.id menulis, R1 menggendong mesin 998 cc, liquid-cooled, inline 4 cyliner, 4-stroke, DOHC, 4-valves, yang hasilkan tenaga hingga 197 Tk pada 13.500 rpm dan torsi 112 Nm pada 11.500 rpm.

Mesin ini tersimpan di dalam frame aluminium deltabox. Suspensi depannya menggunakan shock teleskopik upside-down, sementara suspensi belakangnya pakai swingarm. Tersemat pula fitur pengereman ABS, serta kontrol traksi.

Yamaha R1 didatangkan pertama kali pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show 2015. Saat itu mereka hanya membawa lima unit R1, dan lima unit R1M (edisi spesial dari R1). Maklum, Yamaha Global hanya membuat R1 sebanyak 500 unit saja.

Stok yang hanya 10 unit itu membuat R1 langsung ludes terjual. Pun stok tambahannya yang telah habis pada Mei lalu. Padahal harganya tidak murah. Satu unit YZF-R1 dibanderol dengan harga Rp 495 juta on the road Jakarta.

4 dari 4 halaman

Next

Kawasaki ZX-10R

Suksesor Ninja ZX-9R, Ninja XZ-10R, pertama kali diperkenalkan ke publik pada 2004, dengan revisi minor setahun setelahnya. Sama dengan dua motor sebelumnya, ZX-10R juga diimpor langsung dari negeri asalnya, Jepang.

Menurut laman kawasaki-motor.co.id, Ninja XZ-10R menggendong mesin 998 cc, berpendingin cair, 4 tak, 4 silinder sejajar. Disandingkan dengan transmisi enam percepatan, motor ini bisa semburkan tenaga 197 Tk dan torsi 112 Nm.

Ninja XZ-10R menggunakan suspensi depan inverted fork 43 mm, suspensi belakang horizontal back-link dengan gas-charged, dan punya kapasitas bensin besar, 17 liter.

Menurut sumber yang sama, beberapa fitur yang tertanam pada motor ini adalah kontrol elektronik seperti K-TRC, KIBS dan Power Mode. Tersemat pula fitur slipper clutch, teknologi yang dikembangkan dari ajang balap.

Dengan dua pilihan warna, hitam da hijau, Kawasaki Ninja XZ-10R dibanderol dengan harga Rp 365 juta on the road Jadetabekser.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.