Sukses

Honda Tarik Skutik Forza, Kenapa?

Honda Thailand melakukan penarikan atau recall terhadap skutik bongsor bernama Forza Si.

Liputan6.com, Bangkok - Honda Thailand melakukan penarikan atau recall terhadap skutik bongsor bernama Forza Si. Motor ini terindikasi rusak di bagian fuel pump.

Dilaporkan responsejp.com, penarikan ini dilakukan dengan persetujuan dari Menteri Pertanahan, Infrastruktur, Transportasi, dan Pariwisata. Memang semua penarikan kendaraan di Jepang pasti berhubungan dengan kementerian ini.

Dijelaskan, material yang digunakan untuk interior penutup fuel pump mengembang  tidak normal karena terlalu lama direndam dengan minyak dalam waktu lama saat uji coba. Kondisi ini bisa mengganggu impeller, atau bagian berputar dari mesin yang dirancang untuk memindahkan cairan dengan rotasi.

Implikasi terburuknya, fuel pump bisa berhenti. Ada pula risiko bahwa mesin tidak bisa dihidupkan lagi setelahnya.

Penarikan akan segera dilakukan dengan memberitahu pemilik motor via surat. Nantinya pemilik Forza diminta untuk datang ke dealer terdekat. Di sana, unit pompa bahan bakar akan diganti secara cuma-cuma alias gratis.

Disebutkan, penarikan berlaku untuk model yang dibuat antara 2- April 2013 hingga 9 September 2015. Total, ada 5.176 unit yang harus diperbaiki.

Untuk diketahui, sejak tahun lalu Honda Forza digadang-gadang akan didatangkan ke Indonesia oleh PT Astra Honda Motor (AHM). Hal ini berkaitan dengan fakta bahwa di segmen skutik bongsor, Honda kalah telak dari Yamaha yang mengandalkan NMax. Meski memang sampai sekarang belum ada kabar lebih jauh soal itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini