Sukses

Fitur Toyota Calya Termurah Lengkap, Kenapa Harus Beli Tipe G?

Perbedaan tipe E dan G hanya pada tambahan ornamen eksterior dan interior.

Liputan6.com, Jakarta - Toyota sukses memikat konsumen keluarga di Indonesia melalui beberapa line up MPV terbaru yang diluncurkan dalam waktu cukup berdekatan sepanjang tahun ini. Salah satu model yang paling fenomenal adalah munculnya Calya, mobil dengan kapasitas tujuh penumpang ini mengisi segmen LCGC.

PT Toyota Astra Motor selaku pemegang merek memasarkan Calya dalam empat tipe, yakni E (MT), E (AT), G (MT), G (AT).Toyota mematok harga mobil ini mulai dari Rp 129,650 juta hingga Rp 150 juta. Mobil ini mengisi lini tepat di bawah Toyota Avanza yang juga sama-sama berwujud MPV 7-penumpang.

Dari beberapa varian tadi, tipe G (MT) jadi model yang paling laris dengan total sekira 52 persen SPK, disusul tipe G (AT) sebagai terlaris kedua dengan proporsi pemesanan 30 persen. Adapun tipe E baik manual ataupun otomatis hanya menduduki posisi terakhir dengan 20 persen dari total pemesanan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bedah fitur


Secara garis besar, fitur dan teknologi yang digunakan pada tipe E maupun G serupa, yakni kunci immobilizer, dual SRS Airbag, rem ABS, sensor parkir, isofix, sampai 3 point seatbelt. Lantas, seperti apa perbedaan mendasar dari tiap varian itu?


Toyota menggarap tipe G dengan beberapa tambahan di sisi eksterior, seperti fog lamp dengan ornamen krom di sekelilingnya, kemudian rear combination lamp. Part terakhir ini membuat tampilan lampu belakang terkesan lebar dan berkarakter modern.

Tak luput, Toyota mempercantik sisi interior tipe G dengan multilayer dashboard yang mengkombinasikan warna keemasan di panel tengah dashboard yang diapit panel berkelir hitam. Sementara itu, konsol tengahnya mengadopsi warna silver.

Segala pernak-pernik tersebut tidak tersedia pada tipe E yang mengisi dua varian terbawah. Kemudian, sistem audio double DIN pada tipe E tak punya fitur Bluetooth yang digunakan untuk memutar lagu dan telepon. 

Sementara itu, transmisi juga sama, yakni tersedia dalam transmisi otomatis empat percepatan dan manual lima percepatan. Kemudian mesin, rasio gigi transmisi, suspensi, sampai teknologi pengereman pada Calya tidak ada perbedaan.

Mesinnya menggunakan 3NR inline, empat silinder, 16 katup, DOHC, dual VVT-i sudah cukup. Di atas kertas mobil ini punya output 87 Tk pada 6.000 rpm dan torsi 107 Nm pada 4.200 rpm. Secara dimensi, panjang mobil ini 4.070 mm, lebar 1.655 mm, tinggi 1.600 mm dengan jarak sumbur roda 2.525 mm. 

Berikut harga lengkap Toyota Calya;

Calya 1,2 E STD M/T Rp 129.650.000
Calya 1,2 E M/T Rp 132.450.000
Calya 1,2 E A/T Rp 145.450.000
Calya 1,2 G M/T Rp 138.000.000
Calya 1,2 G A/T Rp 150.000.000

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.