Sukses

Pakai Vespa Klasik untuk Harian? Ini yang Perlu Diperhatikan

Bagaimana cara merawat Vespa klasik agar performanya tetap terjaga?

Liputan6.com, Jakarta - Mengurus motor tua seperti Vespa tak bisa main-main. Perlu perhatian ekstra. Maklum, usia yang telah lama membuat komponennya rentan rusak. Salah-salah, motor malah tak bisa digunakan sama sekali.

Selain ke bengkel, ada pula perawatan harian yang bisa dilakukan secara mandiri. Tak perlu repot dan keahlian khusus untuk melakukannya. Apa saja?

Aris Arrohman, Manager Operational Scooter99, mengatakan bahwa perawatan Vespa berbeda, tergantung peruntukannya. Ada Vespa yang memang masih digunakan untuk keperluan harian, namun ada pula yang untuk hobi alias jarang digunakan.

Untuk pengguna Vespa harian, ujar Aris, pertama-tama yang harus dilakukan adalah memastikan tune up. "Pemakai harian harus tune up, bisa dua minggu sekali," ujar Aris kepada Liputan6.com, beberapa waktu yang lalu.

Selain itu, sebagaimana motor lain, Vespa tua juga harus diganti olinya secara teratur. Aris menyarankan hal ini dilakukan minimal satu bulan sekali.

"Busi Vespa juga harus sering sering dibersihkan. Minimal kalau harian semniggu sekali," tambahnya.

Sementara jika untuk kebutuhan Hobi, maka yang harus dilakukan adalah mengganti oli secara lebih intensif. "Asumsinya kalau Vespa untuk hobi, sekalinya digunakan itu untuk perjalanan jauh, touring. Kalau seperti ini ganti olinya minimal dua minggu sekali," ujar pria yang telah bekerja di bengkel ini sekira lima tahun lalu.

Sebagaimana motor lainnya pula, Vespa ini juga harus dipanaskan setiap hari. "Panaskan minimal sehari 15 menit. Itu perlu," tutup Aris.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini