Sukses

Adu Fitur Datsun Go+ Panca dengan Toyota Calya, Lengkap Mana?

Datsun menanggalkan beberapa fitur penting seperti dual SRS airbag dan rem ABS.

Liputan6.com, Jakarta - Segmen LCGC 7-penumpang yang tadinya hanya 'dimiliki' oleh Datsun Go+ Panca saat ini semakin semarak dengan masuknya beberapa merek. Toyota melalui Calya berusaha memikat konsumen keluarga melalui sebuah MPV yang harganya lebih terjangkau.

Jika membandingkan dari aspek harga, Toyota Calya tipe terbawah yakni E (MT) dijual Rp 132,45 juta. Ini lebih mahal dengan varian tertinggi Datsun Go+ Panca T Style yang dijual seharga Rp 118,45 juta.

Perbedaan fitur antara Datsun Go+ Panca dan Toyota Calya pada sisi eksterior yakni pada velg dan panel bodi kit. Calya menggunakan velg ukuran 14 inci, sedangkan Go+ Panca 13 inci. Namun demikian, Datsun membekali Go+ Panca dengan front, rear, dan side skirt agar tampilannya sporty.

Toyota Calya

Lebih lanjut, Toyota memudahkan pengemudi untuk pengaturan posisi spion dengan fitur electric outer mirror. Fitur ini tak hadir pada MPV andalan Datsun, sehingga pengemudi perlu mengatur secara manual.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Fitur

Masuk ke kabin, hanya Datsun Go+ Panca yang mengadopsi dual-tone. dengan kombinasi warna hitam-silver. Multilayer dashboard tidak tersedia pada Calya tipe E.

Keunikan yang terdapat pada Datsun Go+ Panca yakni adanya mobile docking yang bisa mengatur posisi ponsel secara vertikal atau horizontal. Melengkapi fitur tersebut, tersedia slot USB untuk mengisi daya serta jack 3,5 mm untuk menghubungkan ponsel ke mobil docking station.

Beralih ke Calya, MPV murah ciptaan Toyota ini memiliki fitur rear air circulator yang berfungsi mengalirkan hembusan AC ke penumpang belakang. Adapun Datsun Go+ Panca hanya mengandalkan blower di depan untuk menyejukkan seisi kabin hingga ke belakang.

Penumpang depan pada Calya juga lebih nyaman ketika duduk karena kursi depan telah dilengkapi armrest. Sandaran tangan ini pun luput di Datsun Go+ Panca.

Masuk ke fitur keselamatan, Calya menyediakan lebih banyak opsi ketimbang Go+ Panca. Calya memiliki dual SRS Airbag, tujuh buah 3 point seatbelt, isofix dan rem ABS.

Adapun Go+ Panca menyediakan seatbelt 3 point hanya di kursi depan dan sebagian kursi tengah, sementara sisanya memakai 2 point seatbelt. Fitur lainnya yang tersedia di Go+ Panca yakni immobilizer, central door locking, keyless entry, serta airbag pada bagian pengemudi.

3 dari 3 halaman

Mesin

Toyota Calya menggusung mesin 3 NR berkubikasi 1.197 cc empat silinder segaris DOHC Dual VVT-i. Tenaga maksimalnya sebesar 87 Tk pada 6.000 rpm dan torsi 108 Nm pada 4.200 rpm.

Kompetitornya yakni Datsun membekali Go+ Panca mesin HR12DE berkubikasi 1.198 cc. Meskipun demikian, mesin yang kapasitasnya lebih tinggi 1 cc ini menghasilkan output yang terpaut jauh dibawahnya, yakni hanya 67 Tk dan torsi 104 Nm.

Lalu, dengan ulasan di atas, mana yang lebih unggul menurut Anda? 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini