Sukses

Selain Harga Murah, Ini Lima Fitur Unggulan Toyota Calya

Masuk segmen mobil murah, berikut adalah lima fitur unggulan yang ada pada Toyota Calya.

Liputan6.com, Jakarta - Toyota Calya adalah `bintang` baru di industri otomotif Indonesia. Beberapa penyebabnya adalah harga yang relatif murah karena masuk segmen Low Cost Green Car (LCGC), serta kapasitas penumpang yang besar.

Apalagi, segmen Calya berada relatif sepi dari kompetitor. Selama ini, LCGC 5+2 hanya diisi oleh Datsun GO+ Panca. Bahkan model ini berkontribusi terhadap 80 persen penjualan Datsun Indonesia.

PT Toyota Astra Motor (TAM) menjual Calya dalam empat varian, E dan G, dengan transmisi otomatis dan manual. Ini adalah produk keempat Toyota yang dibuat bersama Daihatsu, setelah Avanza-Xenia, Rush-Terios, dan Alya-Agya.

Selain dua sebab yang telah disebutkan di paragraf awal, Toyota Calya juga diprediksi akan merajai pasar otomotif nasional di masa depan karena fiturnya yang relatif lengkap, meski dengan harga yang murah.

ABS

Satu fitur unggulan utama yang ada pada Toyota Calya adalah ABS atau anti lock brake system. Dengan fitur ini, pengereman bisa dilakukan secara maksimal tanpa khawatir slip, terutama di jalanan basah.

Berdasarkan detail yang ada pada laman toyota.astra.co.id, diakses Kamis (15/9/2016), seluruh varian Calya dilengkapi dengan fitur ini. Bahkan kompetitor terdekat mereka, Datsun GO+ Panca, tak punya fitur ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Next

Airbag

Fitur keselamatan lain yang ada pada Toyota Calya adalah airbag. Bukan hanya untuk pengemudi, seluruh variannya juga dilengkapi dengan airbag untuk penumpang depan, atau istilahnya dual airbags.

Ini patut diapresiasi, mengingat mobil ini termasuk segmen LCGC yang umumnya punya fitur keselamatan yang minim. Sebagai pembanding saja, tak semua varian Toyota Fortuner, yang harganya tiga kali lipat dari Calya, dilengkapi dual airbags.

Arm rest

Kemudian, pada Toyota Calya juga tersedia arm rest atau sandaran tangan untuk penumpang depan. Meski memang, tak ada fitur ini di bagian belakang. Dengan fitur ini, penumpang depan akan cukup merasa nyaman.


Fitur yang sama tidak terdapat di Datsun GO+ Panca. Salah satu mobil yang punya fitur yang sama adalah Nissan Grand Livina.

3 dari 3 halaman

Next

Air circulator

Kenyamanan penumpang belakang juga dioptimalkan dengan adanya air cilculator. Fitur ini berfungsi mengalirkan AC ke penumpang belakang, sehingga suhu udara seimbang di seluruh bagian kabin. Semua varian Calya terdapat fitur ini.

Sebagai pembanding, fitur ini tidak terdapat pada Datsun GO+ Panca. Di mobil ini hanya terdapat blower depan.

Seatbelt 7 penumpang

Tujuh penumpang Toyota Calya terjaga keselamatannya dengan seatbelt. Sabuk ini terdapat di semua varian Calya. Bahkan di bagian depan, seatbelt juga dilengkapi dengan penyesuaian ketinggian dan pengingat pemakaian.

Sementara pada GO+ Panca, 3 point seatbelt hanya ada di kursi depan dan sebagian kursi tengah. Sisanya, hanya menggunakan 2 point seatbelt.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.