Sukses

Nih, Daftar Vespa yang Paling Diburu

Apa saja Vespa yang paling populer? Berikut ulasannya.

Liputan6.com, Jakarta - Vespa, sepeda motor asal Italia, adalah salah satu merek terlaris di Indonesia, pun di dunia. Meski saat pertama kali diproduksi mereka punya saingan berat Lambretta, saat ini otomatis Vespa tak punya pesaing.

Salah satu penyebab mengapa sepeda motor ini begitu populer sejak awal diproduksi adalah karena ia muncul di waktu yang tepat. Sebagaimana dilansir dari Antiquevespa, Vespa yang dibuat pertama kali pada April 1946 hadir kala masyarakat Italia sangat butuh sarana transportasi pasca Perang Dunia II.

Sementara di waktu yang bersamaan, kondisi ekonomi hancur. Padahal kebutuhan akan transportasi tetap tinggi. Maka saat Vespa hadir dengan harga yang sesuai dengan kocek masyarakat yang baru terbebas dari perang, merek ini langsung dilirik.

Vespa pertama yang diciptakan dinamakan MP 6 (Moto Piaggio 6). Versi pertama ini menggendong mesin 2 tak berkapasitas 98 cc yang disandingkan dengan transmisi manual 3 percepatan. Output-nya 3,5 Tk dengan kecepatan maksimal 60 km/jam.

Popularitas Vespa semakin melesat cepat pasca sepeda motor ini turut membintangi salah satu film Hollywood pada 1952 berjudul Roman Holiday. Berkat bantuan film itu, Vespa mencatatkan penjualan hingga 100 ribu unit.

Sejak saat itu, popularitasnya terus meroket. Hingga hari ini, meski Vespa modern bisa dengan mudah ditemui, masih ada saja orang yang tergila-gila dengan Vespa klasik. Pertemuan dan komunitasnya pun masih eksis.

Dari sekian banyak model yang diproduksi, ada beberapa yang terhitung sebagai Vespa paling populer. Apa saja model-model yang dimaksud?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Next

Situs jual beli online, eBay, melansir beberapa produk paling populer. Ini didasarkan pada jumlah kata kunci yang pernah masuk di situs mereka.

Salah satu produk yang populer di situs jual beli itu adalah 946 Bellissima. Ada beberapa alasan mengapa motor ini paling sering dicari. Salah satu yang paling jelas adalah bahwa model yang dibuat pada 2014 ini merupakan produk terbatas. Bayangkan, Piaggio hanya membuat 946 Bellissima sebanyak 51 unit saja.

Model kedua yang paling banyak dicari adalah Vespa LX150. Ini juga termasuk Vespa modern. LX diambil dari aksara romawi yang berarti 60. Pasalnya model ini memang sengaja dibuat untuk merayakan hari jadi Vespa ke 60.

GTS 300 IE adalah model lain yang paling populer. Model ini dibuat pada 2008, dan merupakan edisi spesial dari lineup GTS.

Model-model lain yang dinilai paling populer adalah Sprint 50, GTV 250, serta Primavera 125 yang mampu berlari hingga 80 km/jam hanya dalam waktu 20 detik.

3 dari 3 halaman

Next

Di Indonesia sendiri ada beberapa model yang terbilang langka. Namun bedanya, Vespa yang dimaksud termasuk klasik. Dody Awwalul Fadhly, seorang pecinta Vespa menurutkan, tiga model tersebut adalah Vespa GS VS, Vespa SS90, dan Vespa VB1.

Vespa GS, menurutnya, adalah salah satu model yang sering diburu kolektor. "Ini karena kelangkaannya maupun dari bentuk fisiknya yang agak berbeda dari tipe Vespa lainnya," terang Dody kepada Liputan6, April tahun lalu.

Vespa GS hadir dalam dua tipe, GS VS dan GS MK. GS VS mengusung mesin 150 cc, sementara GS MK 160 cc. Vespa GS hanya tersedia dalam warna silver, sementara GS MK juga tersedia dalam warna putih.

Sementara Vespa SS90, menurutnya, adalah worlds most expensive scooter. Skuter ikonik ini populasinya tak lebih dari 6.000 unit.

Terakhir, Vespa VB1, dikatakan paling dicari adalah karena motor ini sangat mencirikan pabrikan asal Italia itu, dimana bentuk body-nya membulat. "Seperti Vespa klasik pada umumnya, tipe ini sangat menjadi incaran di kalangan kolektor karena memang terhitung langka," tutupnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.