Sukses

Tiga Mobil yang Jadi Bintang di Film Hollywood

Berikut adalah beberapa mobil yang citra mereknya melekat kuat dalam film.

Liputan6.com, Jakarta - Hollywood dan mobil adalah dua aspek yang tidak dapat dipisahkan. Terutama dalam film laga, tak jarang kita melihat performa mobil-mobil tertentu sangat ditonjolkan. Paling sering dalam adegan kejar-kejaran.

Bahkan, saking tak bisa dilepaskan satu sama lain, ada film-film yang khusus mengangkat tema tentang mobil, misalnya Cars (2006). Ada pula franchise Fast and Furious yang bahkan sudah memasuki film ke-7.

Oleh karena itu, sering kali film juga digunakan oleh pabrikan tertentu untuk memamerkan mereknya. Tak jarang nama merek langsung terkenal setelah berlaga di film. Tentu ini juga berlaku bagi sepeda motor. Apa saja mobil yang dimaksud?

Aston Martin - James Bond

Secara kronologis, Aston Martin memang hadir terlebih dulu dibanding James Bond. Pabrikan mobil mewah asal Inggris itu pertama kali dibuat pada 1913, sementara karakter fiksi James Bond baru dibuat pada 1953.

Pembuat kisah James Bond memang melibatkan banyak mobil, meski tidak selalu berasal dari Negeri Ratu Elisabet. Misalnya Ford Fairlane 500 Skyliner, Mercury Cougar XR7, ataupun Chevrolet Impala. Namun demikian, harus diakui bahwa Aston Martin lah yang paling melekat dengan sosok fiksi macho ini.

Pada produksi Goldfinger (1964), Sean Connery selaku pemeran Bond sudah menggunakannya. Model DB5 berulang kali masuk film Bond. Judul-judul lain yang memakai jasa DB5 adalah Thunderball, GoldenEye, dan Tomorrow Never Dies.

Di Casino Royale (2006), model Aston Martin lain muncul. Kali ini versi modernnya. Pada aksi terbarunya di Spectre (2015), Bond kembali memakai jasa Aston Martin. Kali ini dengan model terbaru bernama DB10.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Next

Tesla - Ironman

Tesla Motors adalah pabrikan revolusioner. Bagaimana tidak, di saat pabrikan lain masih setia dengan mobil bermesin konvensional (bensin), Tesla justru memberikan alternatif dengan menyediakan kendaraan full electric.

Popularitas Tesla semakin terangkat setelah ia ada dalam film Iron Man. Apalagi film ini cukup mendapat popularitas di kalangan pecinta superhero. Meski memang jika dibanding Batman, ketenarannya masih relatif ada di bawah.

Satu-satunya mobil Tesla yang pernah ada pada film Iron Man adalah Tesla Roadster. Mobil ini `mejeng` di film Iron Man pertama. Dikisahkan, Tesla Roadster adalah satu-satunya mobil sport listrik yang dimiliki Tony Stark.

Pada saat proses pembuatan film, Tesla Roadster masih berbentuk prototipe. Sejak Agustus 2012, penjualannya telah dihentikan. Kabar terakhir yang berkembang menyebut generasi terbaru Tesla Roadster akan kembali dibuat pada 2018.

Audi - Transporter

Salah satu brand lain yang dekat dengan film adalah Audi, dalam hal ini filmnya adalah Transporter, yang selalu dibintangi oleh Jason Statham. Di franchise yang mulai diproduksi pada 2002 ini, Audi selalu `dapat jatah` untuk kebut-kebutan.

Pada Transporter 3 (2008), mobil yang dipakai adalah Audi A8, sementara pada seri paling baru, The Transporter Refueled (2015), mobil yang dipakai adalah Audi S8.

Brand image Audi di film-film Transporter bahkan pernah dijadikan topik penelitian oleh seorang mahasiswa UNS bernama Rita Dwianna pada 2008. Dalam kesimpulannya, ia mengatakan bahwa proses pembangunan citra merek berlangsung dengan masif.

"Tanda-tanda verbal dan non verbal yang digunakan untuk merepresentasikan brand image mobil Audi A8 W12 digunakan dengan cara sesederhana mungkin sehingga mudah dimengerti. Meskipun penggambaran mobil Audi seri A8 W12 dalam film Transporter II ini agak berlebihan dan hiperbolis," demikian katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.