Sukses

F1 Musim 2017 Lebih Sulit Bagi Pembalap Muda

Performa mobil F1 lebih baik dengan ban yang lebih lebar serta peningkatan downforce.

Liputan6.com, Paris - Balap Formula 1 musim 2017 bakal lebih menantang bagi para pembalap muda. Bagaimana tidak, perubahan spesifikasi untuk mobil yang cukup signifikan memberi suatu kesulitan tersendiri.

Pembalap tim Toro Rosso, Sebastien Buemi telah menguji mobil Red Bull RB11 di Mugello, Italia. Mobilnya menggunakan ban Pirelli yang lebih lebar serta peningkatan downforce. Kemampuan mobil yang dipersiapkan untuk musim depan jauh lebih cepat.

"Jelas mobil akan menjadi lebih cepat. Mereka (pembalap) butuh fisik yang lebih kuat untuk mengemudi," kata Buemi sebagaimana dikutip Motorsport.

Menurut pembalap kelahiran 1988 ini, peningkatan kemampuan pada mobil menjadi tantangan baru. Dia memprediksi, kemampuan mobil bakal lebih galak di tikungan. 

"Dalam hal balapan saya tidak bisa mengatakan. Mobil akan lebih cepat di tikungan dan melambat di trek lurus sehingga sulit untuk mengatakan apakah bakal terjadi banyak aksi menyalip." tuturnya.

"Untuk orang-orang yang sudah di F1 selama beberapa tahun kondisi ini oke bagi mereka, tapi untuk yang baru mungkin jadi kejutan. Secara fisik itu akan menjadi sulit dan tidak pernah terjadi dalam tiga atau empat musim yang lalu," ucap Buemi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.