Sukses

Ini Penyebab Shock Berdecit dan Roda Oleng

Sepeda motor pasti mengalami masalah seiring dengan berjalannya waktu.

Liputan6.com, Depok - Sepeda motor pasti mengalami masalah seiring dengan berjalannya waktu. Pada motor dengan suspensi monoshock, yang sering terjadi adalah suspensi berbunyi, serta roda belakang yang terasa oleng.

Darmawan mekanik Widi Berkah Motor mengatakan, umumnya suara berdecit berasal dari suspensinya itu sendiri, lebih tepatnya dari bosh bushing monoshock-nya.

"Biasanya bosh/bushing monoshock-nya kering," ujar pria yang akrab disapa Jek ini kepada Liputan6.com di bengkelnya di Srengseng Sawah, Depok, beberapa waktu lalu. Untuk mengatasi masalah ini, komponen terkait dapat dibongkar, lalu ditambah grease (gemuk).

Tentu, asumsinya bushing monoshock-nya belum rusak. Jika memang kondisi fisiknya sudah tidak memungkinkan, tidak ada cara lain selain diganti.

Kemudian, jika masalahnya adalah roda belakang yang goyang atau tidak stabil, kemungkinan masalahnya ada pada bosh swing arm (BSA) dan laher.

Lebih lanjut ia menyebutkan, untuk mengganti BSA hal yang harus dilakukan adalah melepas semua perangkat yang terhubung dengan lengan ayun. Lepas juga baut yang mengikat monoshock bagian bawah. Kemudian, BSA langsug ditarik.

Setelah itu, maka tahap sebaliknya dilakukan, dengan paket BSA baru. Soal harga, bosh swing arm dipatok beragam, tergantung mereknya. Untuk Yamaha Scorpio misalnya, harganya berkisar di angka Rp 75 ribu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini