Sukses

Bikin Tarikan Bawah Vario 125 Setara 150, Pakai Cara Ini

Meningkatkan putaran bawah Vario 125 adalah dengan mengganti roller standar dengan roller yang lebih ringan.

Liputan6.com, Jakarta Salah satu perbedaan antara Honda Vario 125 dan Vario 150 adalah performanya. Mesin jelas berbeda, pun dengan torsinya. Sejumlah pengguna merasakan putaran bawah Vario 150 lebih bertenaga dibanding pendahulunya.

Namun hal ini bukan berarti performa putaran bawah Vario 150 tidak bisa disusul. Kuncinya adalah mengganti salah satu komponen yang terdapat di CVT Vario 125.

Tatang, pemilik bengkel Tatang Motors yang ada di Depok, Jawa Barat, mengatakan bahwa untuk meningkatkan putaran bawah Vario 125 adalah dengan mengganti roller standar dengan roller yang lebih ringan.

Ganti roller

"Kuncinya pakai roller yang lebih ringan," ujarnya kepada Liputan6.com, beberapa hari yang lalu.

Dalam hal ini, roller yang lebih ringan bisa diperoleh dari produk-produk aftermarket, atau bisa juga menggunakan roller milik Vario 150. "Roller Vario 150 lebih ringan dibanding Vario 125. Ini bisa dipakai," tambahnya.

Roller Vario 125 punya bobot 18 gram, sehingga berat totalnya mencapai 108 gram, sementara roller Vario 150 bobot masing-masingnya hanya 15,5 gram sehingga total beratnya 93 gram, beda hingga 5 gram.

Vario Techno 125 juga bisa menggunakan roller subtitusi dari Suzuki Skywave. Bobot roller Skywave secara keseluruhan bahkan hanya 15 gram.

Penjelasan sederhananya, roller yang lebih ringan membuat `bukaan awal` lebih responsif dan enteng. "Mutarnya lebih cepat," tambahnya.

Meski demikian, Tatang menggarisbawahi bahwa penggunaan roller yang lebih ringan berdampak pada top speed yang akan menurun. "Efek sampingnya putaran atasnya hilang. Memang ada yang harus dikorbankan. Kalau ingin akselerasi cepat, top speed pasti berkurang. Ada yang harus dikalahin, tidak bisa menang semua," tutup Tatang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini