Sukses

Mobil Listrik Ini Bisa Tembus 548 Km per Jam

Liputan6.com, Utah - Siapa bilang kendaraan bertenaga listrik kemampuannya lambat. Senin lalu, tim dari Bonneville Salt Flats of Utah berhasil memecahkan rekor kecepatan bolak-balik dengan rata-rata kecepatan 548,8 km/jam.

Adalah Venturi Buckeye Bullet-3 yang dibangun Venturi Automobiles dan Ohio State University. Mobil ini mengusung dua motor listrik dengan output masing-masing 1.500 Tk yang ditenagai delapan unit baterai lithium-ion.

"Itu lebih masuk akal bagi pabrikan membangun beberapa motor listrik dan menggabungkan bersamaan ketimbang membangun satu motor listrik yang besar. Motor listrik menghasilkan tenaga sekira 1.000 Tk di dyno tetapi sebenarnya sanggup hingga 1.500 Tk," kata David Cooke, kepala tim OSU.

Rekor kecepatan dari mobil listrik terakhir terjadi pada 2010 dengan angka 495,7 km/jam. Tim OSU-Venturi berusaha mengejar target 640 km/jam, demikian dikutip Popularmechanics.

VBB-3 ini berjalan dengan sistem transmisi dua percepatan yang berpindah pada putaran 8.500 rpm saat mobil melaju pada kecepatan 320 km/jam. Namun demikian, posisi perpindahan gigi ini akan terus ditingkatkan agar mencapai target kecepatan yang telah direncanakan.

"Kami menguji pada Kamis, gigi satu bisa berpindah di 10 ribu rpm dengan kecepatan 442 km/jam dan kami melakukannya beberapa kali. Permasalahannya yaitu memastikan as depan dan belakang akan berjalan di gigi dua yang sangat rumit karena cengkraman kopling elektro hidrolik," kata Roger Schrorer, pengemudi VBB-3.

"Kita harus mendapatkan waktu yang tepat. Salah timing memindahkan gigi berpotensi menghancurkan gearbox mahal," tambah Schrorer.

Dengan pergeseran timing perpindahan gigi pada 10.200 rpm mengurangi waktu delay beberapa detik. Tim ini berusaha agar bisa mencapai 640 km/jam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini