Sukses

Daftar Mobil Kencang Milik Valentino Rossi

Liputan6.com, Jakarta - Siapa tak kenal Valentino Rossi? Ia adalah legenda hidup MotoGP dengan tujuh gelar juara dunia. Sementara di kelas 125 cc dan 250 cc pria asal Italia ini menjadi juara masing-masing satu kali.

Kemilau prestasi The Doctor itu membuatnya menjadi pusat perhatian, bahkan oleh industri di luar MotoGP. Beragam perusahaan raksasa memintanya jadi brand ambassador atau sekadar bintang iklan. Tentu, dengan nilai yang tidak bisa dibilang sedikit.

Laman Forbes, diakses Sabtu (24/9/2016), mencatat bahwa pria yang kini berusia 37 tahun ini ada di posisi ke-51 atlet dengan bayaran termahal. Ia juga dianggap selebriti nomor 51 paling terkenal di dunia pada 2013.

Bahkan, masih menurut sumber yang sama, di tahun ini Rossi adalah pembalap MotoGP dengan bayaran paling mahal. Dalam satu musim ia dihargai oleh Yamaha sebesar US$ 12 juta atau setara Rp 157,51 miliar (Kurs: Rp 13.126/US$).

Meski memang, perlu dicatat bahwa rekor ini mungkin akan pecah musim depan. Sebagaimana diisukan, Jorge Lorenzo bakal ditimang Ducati dengan gaji per musim sebesar Rp 365 miliar, atau dua kali lipat gaji Rossi saat ini.

Pemasukan Rossi bukan hanya dari Yamaha. Sebagaimana dijelaskan, ia juga banyak mendapat uang dari iklan. Forbes mencatat pendapatannya dari sini bisa mencapai US$ 10 juta atau setara Rp 131 miliar.

Dengan uang sebanyak itu, tentu apapun bisa dilakukan Rossi. Dari membuat rumah `gedong`, hingga membeli mobil apapun yang ia inginkan.

Jika dibanding dengan atlet kelas dunia lain, misalnya Christiano Ronaldo, Rossi memang tidak termasuk maniak dalam mengoleksi mobil. Meskipun begitu tetap saja mobilnya berharga mahal. Jumlahnya tak hanya satu, tapi tidak juga hingga belasan. Diolah dari berbagai sumber, berikut adalah mobil-mobil tersebut:

1 dari 4 halaman

Next

Ferrari 458 Italia

Salah satu mobil yang diidentikkan dengan Valentino Rossi adalah Ferrari 458 Italia. Menariknya Rossi tidak membeli mobil ini, melainkan diberikan oleh pabrikan.

Sebagaimana dikutip dari celebritycarsblog.com, pada April 2012 lalu Ferrari memberikan satu unit Ferrari 458 Italia kepada sang Doktor. Dikatakan, ini adalah bentuk apresiasi sekaligus pengakuan atas prestasi olahraganya.

Mobil tersebut dikelir dengan warna kuning, yang sedikit banyak merupakan khas Rossi. Selain itu, Ferrari juga menyematkan plat khusus bertuliskan `046VR`, yang merupakan plat nomor serta inisial namanya.

Salah satu foto paling tenar saat Rossi menaiki mobil ini adalah ketika ia menjajalnya di Sirkuit Monza.

Ferrari 458 Italia menggendong mesin V8 4,5 liter yang hasilkan tenaga hingga 562 Tk pada 9.000 rpm dan torsi 540 Nm pada 6.000 rpm. Mesin ini hasilkan kecepatan maksimal hingga 325 km/jam, dengan 100 km/jam hanya dalam waktu 3,5 detik.

2 dari 4 halaman

Next

Subaru Impreza

Kembali ke masa lalu, salah satu mobil yang cukup dekat dengan Valentino Rossi adalah Subaru Impreza. Bagaimana tidak, mobil ini pernah ia gunakan saat turut serta di balap Rally, tahun 1999 silam, bersama Colin McRae.

McRae jugalah yang mengembangkan mobil ini. Ia sendiri merupakan juara balap Rally 1996. Mobil ini juga merengkuh gelar juara di musim berikutnya sekaligus memenangkan gelar konstruktor ketiganya secara berturut-turut.

Pada Oktober tahun lalu, mobil ini dilelang di The Imperial War Museum, Duxford. Sebelum dijual, mobil ini direstorasi sedemikian rupa. Mobil ini dijejali dengan mesin 2 liter yang mampu hasilkan tenaga 300 Tk dan torsi 470 Nm.

Subaru Impreza sendiri pertama kali diproduksi pada 1992 lalu. Mobil ini dibuat untuk menggantikan model Leone. Saat ini, mobil tersebut telah memasuki generasi keempat, serta ditawarkan dalam varian sedan empat pintu dan hatchback lima pintu.

Di generasi kelima yang rilis tahun ini, sejumlah pembaruan diberikan. Salah satunya adalah penambahan airbag luar yang mampu melindungi pejalan kaki.

3 dari 4 halaman

Next

BMW M3 Sedan

Rossi nampaknya benar-benar tak suka sengaja membeli mobil. Terbukti, seperti Ferrari 458 Italia, satu mobilnya yang lain adalah pemberian orang.

Karena menjuarai ajang balap MotoGP untuk ketujuh kalinya, BMW melalui ajang BMW M Award menghadiahi Rossi dengan BMW M3 Sedan. Kala itu Rossi membukukan 330 poin, atau 12 poin lebih banyak daripada rival satu timnya, Lorenzo.

BMW M3 Sedan adalah sedan 4 pintu BMW 3 Series pertama yang punya mesin V8. BMW M3 Sedan menggendong mesin 4,0 liter yang hasilkan tenaga hingga 414 Tk.

Selain mendapat BMW M3 Sedan pada 2009, Rossi juga mendapatkan dua mobil BMW lainnya pada musim 2003 dan 2004, yaitu BMW Z4 Roadster dan 645 Ci.

Sebagai informasi, BMW M3 sudah dibuat oleh BMW sejak 1985. Pada Juli 2013, M3 coupe dihentikan produksinya. Nama M3 sendiri dipertahankan namun dengan bentuk saloon.

Artikel Selanjutnya
Sepeda Motor Populer di Indonesia, Namanya Berbeda di Luar Negeri
Artikel Selanjutnya
Mobil dengan Odometer Terjauh, Setara Kelilingi Bumi 120 Kali