Sukses

Desain Penerus Kawasaki ZX-6R Terkuak

Liputan6.com, Tokyo - Kawasaki akhirnya mengajukan paten motor bermesin empat silinder 600 cc turbocharged terbaru. Perusahaan asal Akashi, Jepang menjulukinya sebagai R2.

Melalui gambar paten yang beredar di jagat maya memperlihatkan wujud R2 banyak terinspirasi hyperbike Kawasaki, H2 dan H2R. Kesamaan desain terdapat pada rangka teralis serta inlet untuk tangki bahan bakar yang mengalir hingga ke bagian bawah jok pengendara.

Pengajuan paten ini mengindikasikan sosok pengganti ZX-6R yang mengisi lini 600 cc. Desain knalpot juga berbeda dari ZX-6R di mana R2 posisinya di tidak lagi di samping, melainkan terjulur di bawah jok.

Paultan mewartakan, fairing pada R2 memiliki desain lampu membulat dengan ukuran intake udara besar pada bagian hidung, dengan desain ala ZX-10R. Adapun peranti pengereman roda depan R2 memakai kaliper dari Brembo.

Pabrikan dengan warna khas hijau ini merancang sistem injeksi multi point. Lebih lanjut, rancangan katup buang menggunakan sistem EXUP seperti yang terdapat di Yamaha.

Banyak pihak memprediksi R2 menjadi versi kecil H2. Tenaganya pun bakal melonjak signifikan dengan sokongan turbo, dan pastinya lebih besar ketimbang ZX-6R.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini