Sukses

Yamaha Luncurkan MX King ala Valentino Rossi

Liputan6.com, Kuala Lumpur - Hong Leong Yamaha Malaysia, Agen Pemegang Merek (APM) Yamaha di Malaysia, membuka selubung Yamaha Y15ZR MotoGP Edition, pekan lalu. Motor ini dibanderol RM 863.476 atau setara Rp 27,3 juta.

Motor yang di Indonesia dikenal dengan sebutan MX King ini mengusung mesin 150 cc, fuel injection, liquid cooled, 4 Stroke, SOHC, 4 valve, yang di atas kertas hasilkan tenaga 15,1 Tk pada 8.500 rpm dan torsi 13,8 Nm pada 7.000 rpm.

Tenaga yang dihasilkan mesin sampai pada roda melalui gearbox lima percepatan serta rantai final drive. Sistem starter yang ada pada motor ini adalah electric dan kick.

Untuk fungsi pengereman, Yamaha menggunakan cakram hidrolik baik di depan atau di belakang. Shock teleskopik ada di depan, sementara di belakangnya ada pre-load adjustable monoshock yang diposisikan tegak (vertikal).

Dilihat dari spesifikasinya, motor ini sama persis dengan apa yang ada di Indonesia, meski memang tidak diketahui apakah motor ini juga diproduksi di sini atau tidak.

Jika dirunut, MX King livery MotoGP juga telah terlebih dulu dijual oleh PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) pada ajang otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2016 lalu. Saat itu MX King Spesial ini diperkenalkan bersama model YZF-R25, YZF-R15, dan New V-Ixion Advance livery MotoGP.

Namun demikian, saat berita ini ditulis (26/9/2016), MX King livery MotoGP sudah tak tertera di laman resmi Yamaha. Ini berbeda dengan R15 MotoGP yang masih tersedia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.